FTBM Jawa Barat Dukung Gerakan Indonesia Membaca di Ciamis

share to whatsapp




FTMB Jabar di Ciamis

Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Jawa Barat mendukung dan menghadiri kegiatan Gerakan Indonesia Membaca (GIM) yang berlangsung di Ciamis. FTBM Jabar hadir di acara GIM bukan  yang pertama, sebelumnya mendukung pula GIM di kabupaten/kota lain di Jawa Barat, dengan membuka stand layanan baca bagi masyarakat, selain itu FTBM Jabar turut menghadirkan Karinding Karpusi yang merupakan group dari Desa Pasirhuni.

Pengurus FTBM Jabar menyerahkan tanda terima kasih kepada Kepala Desa Pasirhuni yakni Dadang Setia Permana, atas kepeduliannya ikut mendukung Gerakan Indonesia Membaca (GIM) dengan memfasilitasi putra putri daerahnya yang tergabung di grup "Karinding Karpusi" untuk menghadiri undangan dari FTBM Jabar pada  acara temu Literasi di Ciamis, dengan mengunakan mobil layanan masyarakat milik Desa Pasirhuni.

Selain itu, tujuan kehadirannya dalam rangka ikut berpartisipasi mensukseskan dan mengisi acara pada pagelaran seni tradisional Jawa Barat di Kabupaten Ciamis pada kegiatan Pencanangan Gerakan Indonesia Membaca.

Dadang mengatakan sangat senang dan bangga ketika putra putri daerahnya  bisa terlibat memeriahkan acara tersebut serta  melestarikan budaya sendiri, dia menambahkan dalam diskusinya dengan pengurus wilayah FTBM Jabar, dia akan dan ingin menjadikan desa pasirhuni sebagai desa Literasi di Kabupaten Bandung.

"Sebagai tindak lanjut dari mengikuti kegiatan GIM di Ciamis, TBM Sehati Kabupaten Bandung perbanyak Pojok baca. Selanjutnya inisiasi ini di-support oleh pemerintah desa, dengan menggunakan dana desa untuk membangun pojok baca di Desa Pasirhuni, sementara yang sudah dilakukan oleh TBM Sehati sudah 6 pojok baca di 6 RW dari jumlah 8 RW yang ada di desa Pasirhuni. Sekarang dilanjutkan dengan program desa dengan mengunakan dana desa untuk membangun TBM di beberapa RW yang belum terbantuk pojok baca, bertujuan untuk menjadikan Desa Pasirhuni sebagai Desa Literasi," ujar Mang Yayat pengelola TBM Sehati

Selain dihadiri pengurus FTBM Jabar acara ini juga menghadirkan Nowela (artis yang masuk di tiga besar Indonesia Idol  2015) ikut meramaikan acara GIM di Ciamis yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Buku jendela dunia jangan dilihat kecilnya sebuak buku karena ketika kita membacanya, kita sudah melihat dunia yang sebelunya kita tidak mengatahuinya, ketika kita membuka dan membaca buku berarti kita membaca dunia," ungkap Nowela.


share to whatsapp