TBM ECO Bambu: Tiga Tahun Membangun Literasi Budaya

share to whatsapp




Ultah TBM Eco Bambu ke-3

Taman Bacaan Masyarakat (TBM) merupakan layanan baca bagi masyarakat, selain memberikan layanan baca, banyak kegiatan yang diselenggarakan oleh TBM sebagai upaya meningkatkan minat baca dan upaya memberikan keterampilan kepada masyarakat untuk mewujudkan masyarakat yang literat.

Selasa, 12 Februari 2019 TBM ECO Bambu genap tiga tahun. Perjalanan tiga tahun bagi TBM bukan waktu yang singkat karena TBM perlu melakukan pendekatan/sosialisasi pada masyarakat, merancang strategi untuk membangun minat baca serta membuat program-program yang tepat bagi masyarakat.

TBM ECO Bambu berlokasi di Jln. Cipaku Indah X No.8 Kelurahan Ledeng, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung, TBM ECO Bambu satu atap dengan sanggar seni budaya ECO Bambu inilah yang melatarbelakangi TBM ECO Bambu memiliki ciri khas yaitu literasi budaya.

Literasi Budaya TBM ECO Bambu merupakan program pengenalan seni budaya pada masyarakat baik melalui buku secara langsung, maupun praktik seni budaya yang kaya akan histori dan filosofi.

Fasilitas yang ada di TBM ECO Bambu yaitu saung baca, tribun baca, dan lapangan baca, beberapa wilayah yang bisa digunakan untuk membaca ini memiliki ciri khas sendiri. Buku-buku yang ada di TBM ECO Bambu di klasifikasi buku dengan kategori buku keterampilan, buku seni budaya dan buku yang aplikatif (bisa dipraktikkan).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh TBM ECO Bambu diantaranya adalah literasi budaya melalui kaulinan barudak lembur, MoPi (Mobil Pintar) layanan baca yang langsung berkunjung ke sekolah/wilayah masyarakat, dan praktek memasak di Dapur Mikat (minat dan bakat).

Prestasi yang pernah diraih diantaranya adalah memecahkan rekor ORI bermain cingciripit terbanyak,  penerima apresiasi penggerak literasi, serta menjadi tempat penelitian dan pengabdian mahasiswa. Semua pencapaian TBM ECO Bambu ini tidak terlepas dari peran aktif pengelolanya yaitu Dr. Nike Kamarubiani, M.Pd beserta para pengurus, dan kerjasama baik dengan berbagai pihak seperti FTBM Jawa Barat, FTBM Kota Bandung, Disdik, Dispusip, Disbudpar, dan lainnya.

Hari jadi ke-3 TBM ECO Bambu diselenggarakan tanggal 23-24 Februari 2019, mengundang berbagai pihak dengan rangakaian kegiatan yaitu 23 Februari 2019 Festival Angklung pintar tingkat TK dan SD, Festival Roti dan Kopi, 24 februari 2019 pelatihan guru PAUD bersama Kak Dhanang, dan pelatihan penyajian roti kadet.