Inilah Lokasi-Lokasi Perayaan Malam Tahun Baru 2019 di Bandung




Tempat merayakan tahun baru 2019 di Bandung

"Saya mengimbau kurangi perayaan tahun baru yang terlalu ramai-ramai, lebih baik kita melakukan renungan-renungan," kata Gubernur yang akrab disapa Emil usai menghadiri rapat Paripurna akhir tahun masa sidang DPRD Jabar, Jumat (28/12/18).

Emil mengajak masyarakat untuk melakukan muhasabah dan doa bersama di masjid-masjid. Rencananya Emil juga akan bermuhasabah pada malam tahun baru di masjid Pusdai Bandung.

"Saya juga akan melakukan muhasabah di masjid Pusdai mari saya ajak masyarakat untuk bergabung," ucapnya.

Namun demikian, pihaknya tidak melarang masyarakat untuk merayakan tahun baru. Tetapi harus dilaksanakan dengan cara-cara yang baik. Emil ingin kondisi di seluruh daerah Jabar terap tertib dab damai.

Sementara Polrestabes Bandung mengimbau masyarakat tidak melakukan kegiatan konvoi saat malam tahun baru nanti.

"Kami imbau masyarakat tidak melaksanakan konvoi kelompok," kata Kapolrestabes Bandung, Kombes Irman Sugema, di Mapolrestabes Bandung, Kota bandung, Jawa Barat, Kamis (27/12/2018). Hal tersebut dilakukan selain untuk tetap menjaga kondusifitas keamanan di Kota Bandung, juga agar tidak mengganggu kenyamanan pengendara lainnya saat malam pergantian tahun nanti.

Bila Anda ingin melewatkan tahun baru bersama-sama, berikut ini lokasi-lokasinya:
1. Kawasan Alun-Alun Bandung
Area ini merupakan titik pusat perayaan tahun baru di Bandung. Ribuan orang biasa tumpah ruah di sekitaran Jln. Asia Afrika dan Taman Alun-Alun. Momen perayaan tahun baru di kawasan ini biasa diadakan oleh Pemkot Bandung bersama komunitas-komunitas dengan menggelar aneka event dan car free night. Disarankan untuk ke area ini datang agak siang, karena kalau datang sore biasa lalu lintas sudah macet. Lebih baik, segera cari tempat parkiran.

Dan bila sudah ada di lokasi Alun-Alun Bandung, Anda dan keluarga bisa mengunjungi spot-spot wisata seperti Gedung Merdeka atau kawasan Jln. Braga dengan jalan kaki. Malam harinya, usahakan sudah stand by di kawasan Taman Alun-Alun. Kemeriahan akan lebih terasa menjelang detik-detik pergantian tahun baru pada tengah malam. Siapkan kamera untuk menangkap momen pergantian tahun.

2. Lapangan Gasibu-Gedung Sate
Selain di Alun-Alun Bandung, kawasan Gedung Sate pun biasa jadi spot massa buat merayakan tahun baru. Perayaan pergantian tahun baru di kawasan ini biasa diisi aneka event yang diselenggarakan oleh pihak Pemprov Jabar. Sama seperti di Alun-Alun, usahakan siang harinya cari tempat parkiran. Semakin malam, lautan massa dari berbagai arah akan memenuhi tempat ini.

3. Area publik
Beberapa area publik di Kota Bandung biasa jadi tempat perayaan malam pergantian tahun baru. Beberapa di antaranya di taman-taman dan alun-alun kecamata, seperti Alun-Alun Ujungberung dan Alun-Alun Cicendo.

4. Di hotel
Bila Anda dan keluarga memilih merayakan tahun baru di hotel, hotel-hotel biasa menggelar acara party. Jadi, keseruan pun tetap terasa walau Anda tidak berbaur merayakannya di area publik. Beberapa hotel yang biasa menggelar acara perayaan tahun baru seperti Trans Luxury Hotel di Jln. Gatot Subroto biasa merayakannya dengan meriah. Juga hotel-hotel lainnya yang ada di kawasan Alun-Alun, Dago, Lembang, dan lokasi lainnya. Lebih baik tanyakan dulu saat Anda booking hotel, acara apa yang bakal digelar oleh pihak pengelola hotel.

5. Perayaan tahun baru di Kab. Bandung dan Cimahi
Kabupaten Bandung dan Cimahi pun biasanya tak ingin kalah dengan "saudaranya" Kota Bandung. Bila Anda yang berwisata ke daerah Bandung Selatan, bisa merayakan malam pergantian tahun di kawasan Kampung Sabilulungan di area Pemkab Bandung. Di sini biasanya acara perayaan tahun baru seru abis. Lokasinya biasanya di Gedong Budaya Sabilulungan.Sementara buat di Kota Cimahi biasanya digelar di kawasan Alun-Alun Cimahi.

6. Camping ground
Ini biasa jadi pilihan anak muda merayakan tahun baru dengan kemping. Beberapa spot kemping yang biasa jadi pilihan anak muda, di antaranya camping ground di kawasan Lembang, Cikole, atau di kawasan Bandung Selatan seperti di Rancaupas Ciwidey, Pangalengan, atau di Gunung Puntang. Bila memilih di daerah timur ada di kawasan wisata alam hutan pinus Batu Kuda, Cantigi Camp, atau di Buper Kiarayapayung, Jatinangor.

7. Mall Bandung
Ini juga tak kalah seru, dimana tempat-tempat belanja di Bandung biasa menggelar midnight sale. Dan pusat-pusat perbelanjaan pun suka menggelar event menyambut malam perayaan tahun baru dengan aneka program menarik.

8. Tempat wisata
Tempat wisata pun pada perayaan malam tahun baru biasa menghadirkan aneka event khusus yang menarik. Destinasi wisata di Ciwidey dan Lembang biasa jadi tempat favorit wisatawan. Bahkan di dekat Lembang pun kini ada tempat wisata yang jadi primadona wisatawan yakni kawasan Punclut alias Puncak Ciumbuleuit. Di sana banyak destinasi baru yang instagramable banget seperti Lereng Anteng, Dago Bakery Punclut, dan D'Dieu Land.

Dan imbasnya, jalur ke tempat wisata pun dari sore hingga malam biasanya macet. Jadi Anda harus pandai-pandai mengatur waktu menuju tempat wisata tersebut jangan sampai terjebak macet. Maklum saja, malam tahun baru biasanya masyarakat Bandung sendiri banyak yang keluar bawa kendaraan.

Bila Anda dari arah Jakarta ingin merayakannya di tempat-tempat wisata di Lembang, lebih baik melalui jalur tol Cipali - Subang - Lembang. Sementara bila ingin wisata ke Ciwidey, disarankan datang subuh atau pagi hari. Sudah tradisi, menjelang perayaan malam tahun baru akses ke Ciwidey macetnya minta ampun.


share to whatsapp