Inilah Empat Inovasi Pendidikan Kota Bandung




Launching Inovasi Pendidikan Kota Bandung

Launching Inovasi Pendidikan Kota Bandung berlangsung hari Sabtu, 15 desember 2018 di Hotel Horison. Acara ini diramaikan oleh kehadiran seluruh elemen pendidikan di Kota Bandung, seperti jajaran dinas pendidikan, pengawas, kepala sekolah, guru, dan siswa.

"Di era digitalisasi ini inovasi merupakan keharusan. Dinas Pendidikan Kota Bandung sejalan dengan kebijakan pembangunan Kota Bandung menggunakan strategi desentralisasi yaitu memberikan kekuatan untuk mengoptimalkan kolaborasi, berkreasi, dan menciptakan inovasi," ungkap Elih Sudiapermana selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung.

Inovasi yang dirancang mengedepankan kolaborasi, dimana seluruh pihak dilibatkan guna mengoptimalkan seluruh potensi yang ada. Empat inovasi yang diresmikan yaitu:

1. PUBER merupakan sebuah inovasi digital yang digunakan sebagai pusat sumber belajar yang merupakan hasil kreativitas guru, pengawas, siswa dan tenaga kependidikan lainnya serta sumber belajar lain yang bermanfaat untuk pengembangan bahan ajar, merupakan pengembangan inovasi komunitas KKG dan MGMP, konten yang ditampilkan lebih khusus pada bahan ajar berbasis mata pelajaran.

2. SI GEULIS adalah sebuah inovasi literasi digital yang digunakan sebagai sumber literasi ilmu pengetahuan, merupakan hasil kreativitas siswa, guru, kepala sekolah, pengawas, dan tenaga kependidikan lainnya yang bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Isinya terdisi dari konten literasi digital, data, kritikal, audio, visual, teknologi, statistik, artefak, gambar, dan dalam bentuk informasi lainnya.

3. SIKASEP adalah inovasi yang digunakan untuk rekruitmen seleksi calon kepala sekolah profesional sesuai amanat Permendikbud Nomor 8 Tahun 2018. Keunggulan inovasi ini adalah pendaftar calon kepala sekolah yang telah memenuhi syarat, bisa mengisi dimana saja asal terkoneksi online dengan mengakses portal SI KASEP - Pasti profesional, akuntabel, sinergi, transparan dan inovatif.

4. NGABAUR merupakan inovasi digital yang digunakan sebagai pusat pembelajaran dan pengembangan budaya Sunda. Kontennya mengekplorasi literasi budaya kesundaan terutama budaya sunda yang diprediksi akan punah, seperti karya sastra dan bahasa, sejarah, kesenian, artefak, olahraga, dan lain-lain.

Sementara, Kusnaeni selaku Dewan Pendidikan Kota Bandung mengungkapkan bahwa ia sangat mengapresiasi dengan diresmikannya inovasi pendidikan Kota Bandung. Ia yakin pendidikan Kota Bandung akan semakin maju dengan inovasi-inovasi ini.


share to whatsapp