Informasi

Kunjungan Presiden ke Bandung, dari Ziarah Sampai Keliling Naik Motor




Kunjungan Jokowi di Bandung

Pada Sabtu dan Minggu, kunjungan Presiden Joko Widodo ke Bandung terbilang padat. Lebih dari lima agenda kegiatan yang dilaksanakan Presiden dalam kunjungannya kali ini. Dalam kunjungan ke Kota Kembang kali ini, agenda Presiden, di antaranya dalam kegiatan Peringatan Hari Pahlawan; Bandung Lautan Sepeda; Seminar Ekonomi Kreatif; Menyapa pedagang dan mengecek harga sembako di Pasar Cihaurgeulis; Menyapa warga di Car Free Day Dago; menerima gelar Pinisepuh Paguyuban Pasundan; membuka acara komunitas anak muda se Jawa Barat; menghadiri deklarasi Jabar Kondusif; dan menyerahkan surat Perhutanan Sosial kepada ribuan warga Jabar di Tahur Juanda

Selama kunjungan di Bandung, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendampingi Presiden RI Joko Widodo. Pada Sabtu (10/11/18) Presiden dan rombongan menggelar Upacara Ziarah Nasional dalam rangka Hari Pahlawan, di Taman Makam Pahlawan Cikutra Kota Bandung. Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara pada Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2018. Tahun ini, peringatan Hari Pahlawan secara nasional dipusatkan di Bandung, Jawa Barat.

Gowes Bandung Lautan Sepeda 
Presiden Jokowi juga mengikuti kegiatan Gowes Bandung Lautan Sepeda di Gedung Sate, Jalan Diponegoro Nomor 22, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Acara ini diadakan oleh Kodam III/Siliwangi dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2018.

Dalam kunjungan kerjanya ke Kota Bandung, Presiden RI Joko Widodo juga menemui para komunitas kreatif di Indonesia Creative Cities Network (ICCN) Jalan Braga no 3 Bandung, Sabtu (10/11/18) malam. Di hadapan pelaku industri kreatif dibidang fashion, musik, kuliner, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Indonesia harus merespons dengan cepat perubahan dunia khususnya pada revolusi industri 4.0.

Sementara pada Minggu (11/11/18), Presiden RI Joko Widodo menerima penganugerahan sebagai Pinisepuh Paguyuban Pasundan dari Paguyuban Pasundan di Komplek Perkantoran Paguyuban Pasundan, Kota Bandung,  Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Ketua Umum Paguyuban Pasundan Didi Turmuzi, ditandai dengan penyematan Pin Kujang Emas dan pemberian cenderamata.

Deklarasi Jabar Kondusif
Kegiatan lainnya yang dihadiri Presiden pada hari Minggu yaitu Deklarasi Jabar Kondusif di Jl. Braga Kota Bandung. Deklarasi ini dihadiri sebanyak 165 komunitas kreatif di Jawa Barat. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga turut hadir dalam acara deklarasi yang juga dihadiri para tokoh agama ini. Presiden menyambut baik atas digelarnya deklarasi tersebut.

Sebagai bentuk apresiasi kepada Presiden, Budi mewakili komunitas kreatif Jabar memberikan jaket kulit bertuliskan Jabar kondusif yang langsung dipakai oleh Presiden. Sebelumnya, Presiden Jokowi didampingi Gubernur Emil dan rombongan komunitas kreatif Jabar mengendarai sepeda motor menuju lokasi Deklarasi Jabar Kondusif melewati Jalan Merdeka Kota Bandung dari Kantor Paguyuban Pasundan di Jalan Sumatera Kota Bandung.

Sebelum deklarasi, Presiden dan Gubernur Emil pun sempat mengunjungi berbagai stand pameran dari 165 komunitas kreatif. Salah satu hal yang menarik perhatian Presiden adalah stand pameran motor antik.


share to whatsapp