Informasi

HIMA Akuntansi Politeknik Negeri Bandung Gelar Accounting Ledger Festival 9th (ALFEST)




ALFEST POLBAN 2018

Kemajuan teknologi adalah sesuatu hal yang tidak bisa dihindari karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Hal itu memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia.

Berkat teknologi yang telah berkembang pesat, kemudahan dalam ekonomi dan industri pun sangat dirasakan pada saat ini. Perkembangan teknologi yang sangat cepat berdampak pada pertumbuhan ekonomi. Berbagai perusahaan baru muncul khususnya dibidang teknologi, startup menjadi salah satu jenis perusahaan yang paling banyak dibicarakan orang.

Bisnis startup seakan menjadi primadona baru dalam industrial bisnis di Indonesia. Hampir setiap tahun, bahkan mungkin setiap bulan banyak berdiri bisnis startup dari berbagai jenis dan kalangan dalam bidang teknologi. Setidaknya sampai saat ini, ada ribuan startup lokal yang ada di Indonesia. Ini menjadi catatan sejarah penting bangsa Indonesia memiliki banyak startup yang bisa berkompetisi di kancah internasional. Percepatan inilah yang harus dimanfaatkan oleh negara Indonesia untuk mengembangkan ekonominya. Pasar yang besar membuat terbuka lebarnya peluang bisnis startup ini.

Di Indonesia, sebuah laporan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan Pusat Penelitian Studi Komunikasi di Universitas Indonesia, menyatakan bahwa pada akhir tahun 2014, Indonesia sudah memiliki 88.700.000 pengguna internet mobile dan jumlah ini akan secara konsisten meningkat menjadi 112 juta pengguna internet mobile pada tahun 2017.

Dengan demikian, Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi pusat pertumbuhan ekonomi digital baru. Hal ini diperkuat oleh populasi penduduk Indonesia yang masih muda dan terus berkembang, yang berpotensi mencapai jumlah 280 juta orang pada tahun 2030, hal tersebut memberikan kontribusi rata-rata tahunan pertumbuhan ekonomi mencapai 2,4% sampai saat itu.

Seiring dengan populasi penduduk Indonesia yang terus berkembang, keterikatannya dengan media sosial pun akan turut mengalami perkembangan. Tren media sosial ini sangat populer di kalangan kelas menengah, suatu hal yang dianggap oleh para pemimpin bisnis sebagai fenomena positif.

Terdorong oleh hal tersebut, Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMAK) Politeknik Negeri Bandung akan menyelenggarakan Accounting Ledger Festival yang ke-9 (Alfest 9th). Acara ini merupakan serangkaian kegiatan kompetisi, dan seminar akuntansi yang terdiri dari National Accounting and Tax Olympiad (NATO) yaitu Kompetisi Akuntansi dan Perpajakan bagi mahasiswa/i Perguruan Tinggi se-Indonesia, dan Inspiring Talk dengan tema “Business Young Entrepreneur”.

Dalam penyelenggaraannya yang kini memasuki tahun ke-9, Alfest 9th selalu berusaha melakukan perbaikan dan pengembangan dalam rangkaian acaranya mengikuti perkembangan dunia perekonomian yang dinamis.

Rangkaian Kegiatan 
Accounting Ledger Festival memiliki dua rangkaian acara yaitu National Accounting and Tax Olympiade (NATO). NATO merupakan lomba akuntansi dan pajak yang tujukan untuk Mahasiswa/i Politeknik se-Indonesia. Tujuan kegiatan ini adalah menjadi wadah untuk meningkatkan kompetensi dan intelektualitas para calon akuntan di masa yang akan datang dalam bidang akuntansi dan pajak.

Selain itu akan digelar Inspiring Talk dengan tema "Business Young Entrepreneur" yang
merupakan penggabungan dari konsep talk show dan seminar nasional.

Acara seminar diisi oleh beberapa narasumber yaitu :
1. Haykal Kamil (Entrepreneur, Actor, Vloger)
2. Angga Nugraha (Founder and General Manager Citarasa Prima Group)
3. Maulidan Isbar (Founder and Executive Director Sekolah Wisata Indonesia (NGO), Founder Indonesia Tourism Youth Forum, Co-founder KAYUH Wooden Bike dan National & International speaker: Youth, Tourism & Creative Economiesb)

Seminar ini dipandu oleh Aura Adiyani dan ditutup oleh hiburan dengan guest star HIVI.

Tanggal, Lokasi dan Kontak Panitia 
Accounting Ledger Festival akan diselenggarakan pada 9 - 10 November 2018. Sementara Inspiring Talk diselenggarakan pada 10 November 2018 bertempat di Pendopo Tonny Soewandito Politeknik Negeri Bandung, Jalan Kampus Polban, Ciwaruga, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Contact Person :
0819 3132 9026 (Rhevi)
0811 2122 970 (Imran)