Informasi

Persib Bandung Kantongi Lisensi Klub Profesional dari AFC




Lisensi Persib Klub Profesional AFC

Berdasar aspek supporting, infrastructure, personnel and administrative, legal dan finansial, Persib Bandung telah memenuhi syarat sebagai klub profesional AFC. Hal tersebut dikuatkan berdasarkan Club Licensi Committee (CLC) PSSI dalam surat bernomor 002/CLC-PSSI/X/2018, 15 Oktober 2018.

Dua butir keputusan CLC yang tertuang di dalam surat tersebut meliputi:
1. Menerima permohonan lisensi klub profesional dari klub PERSIB Bandung dan memberikan lisensi klub profesional kepada klub PERSIB Bandung.
2. Memerintahkan kepada Club Licensing Department untuk memberikan salinan keputusan ini kepada Komite Eksekutif PSSI untuk dipastikan pelaksanaannya.

Jika meraih juara, Maung Bandung dipastikan akan menjadi wakil Indonesia untuk tampil di Liga Champion Asia atau AFC Cup pada musim 2019. Sementara pada musim sebelumnya, Bhayangkara FC gagal mengikuti kompetisi AFC karena tidak memiliki lisensi, padahal menjadi juara di Liga 1 2017.

Selain Bhayangkara FC, PSM Makassar yang menempati posisi ketiga musim lalu juga gagal ikut serta karena sama-sama tidak mendapatkan lisensi atau mengalami kendala dalam mengirimkan berkas. Akhirnya Bali United dan Persija Jakarta yang menjadi wakil Indonesia di kompetisi tingkat AFC tersebut.

Selain Persib, Persija Jakarta juga mendapatkan surat persetujuan tersebut. Namun, ini kali kedua bagi Persija setelah musim lalu juga mendapatkan predikat sama, klub profesional dari AFC. Kini, baik Persib maupun Persija sama-sama memiliki kesempatan untuk berlaga di Piala AFC 2019. Namun, keduanya wajib finis pada dua besar Liga 1 2018 jika menginginkan tiket Liga Champions Asia atau pun Piala AFC 2019.