Inilah Daftar Sanksi Komdis PSSI Terhadap Persib





Sanksi Persib dari Komdis PSSI

Imbas dari insiden pengeroyokan Haringga Sirla di GBLA pada pertandingan Persib VS Persija 23 September lalu, akhirnya Komdis PSSI mengumumkan sanksi untuk Maung Bandung. Dari hasil sidang Komisi Disiplin (Komdis) PSSI, telah disimpulkan adanya sejumlah pelanggaran kode disiplin.

Lihat juga:
Inilah Sanksi bagi Suporter dan Pemain Persib Hasil Sidang Komdis PSSI pada 1 Oktober 2018

Dilansir dari situs resmi PSSI, Komite Disiplin PSSI merilis 14 poin keputusan terkait pelanggaran disiplin yang terjadi dalam pertandingan pekan ke-23 antara Persib Bandung kontra Persija Jakarta. Persib Bandung dianggap melakukan sembilan poin pelanggaran, baik secara institusi maupun personal.

Terkait dengan pelanggaran ini, Komite Disiplin memutuskan memberikan hukuman kepada klub Persib Bandung berupa:
- Sanksi pertandingan home di luar Pulau Jawa (Kalimantan) tanpa penonton sampai akhir musim kompetisi 2018
- Pertandingan home tanpa penonton di Bandung sampai setengah musim kompetisi tahun 2019.
- Untuk suporter dan penonton, Komdis juga memberikan sanksi berupa larangan untuk menyaksikan pertandingan Persib Bandung pada saat home maupun away serta pertandingan Liga 1 lainnya sejak putusan ini ditetapkan sampai pada setengah musim kompetisi 2019.
- Sementara untuk panitia penyelenggara pertandingan, sanksinya adalah menghukum ketua panitia pelaksana pertandingan dan security officer berupa larangan ikut serta dalam kepanitiaan pertandingan Persib Bandung selama 2 tahun.
- Panpel Persib Bandung juga didenda sebesar Rp. 100.000.000.
- Panpel Persib Bandung wajib memerangi dan melarang rasisme dan tulisan provokasi serta slogan yang menghina pada spanduk, poster, baju dan atribut lainnya dengan cara apapun

Adapun untuk seluruh tersangka pengeroyokan Haringga Sirla, Komdis memutuskan sanksi larangan menonton sepakbola di wilayah Republik Indonesia seumur hidup.

“Dengan telah diputuskannya hukuman ini dari Komdis dan mengakomodasi permohonan dari forum silaturahmi klub Liga 1, maka PSSI mencabut status penghentian sementara Liga 1. PSSI juga meminta PT Liga Indonesia Baru untuk dapat kembali menjalankan Liga 1 2018 terhitung tanggal 5 Oktober 2018,” kata Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria.

--------

Baca info-info seputarbandungraya.com lainnya di GOOGLE NEWS