Informasi

Profil Sentra Tekstil Cigondewah, Pusatnya Belanja Kain di Bandung




Sejarah dan Profil Sentra Kain Cigondewah

Nama tempat wisata belanja tekstil Cigondewah (KTC) dari tahun 2000an terus naik pamor. Apalagi setelah adanya Kawasan Tekstil Cigondewah (KTC) di dekat arah Jln. Holis, tepatnya di belokan Jln. Ma Aren. Sekarang, pusat perbelanjaan kain ini kian berbenah malah banyak juga toko-toko pakaian jadi bahkan distro-distro. Cigondewah pun biasa jadi rujukan para pelaku usaha konfeksi untuk membeli bahan, dari bahan kaos, jeans, tas, sampai bahan topi.

Berikut ini informasi seputar kawasan wisata belanja kain Cigondewah:

1. Usaha turun temurun
Bila sekarang banyak toko-toko yang menjual bahan kain. Dulu, di kawasan ini dikenal sebagai daerah "kuya" alias kumuh tapi kaya. Ya, kebanyakan penduduknya adalah usaha di bidang produk bahan limbah seperti plastik dan rongsokan. Sampai kini, ada beberapa penduduk Cigondewah yang masih usaha bidang ini, walau sekarang lebih dikenal sebagai sentra penjualan kain. Rumah-rumah penduduknya yang berdiri di pinggir jalan pun banyak yang termasuk mentereng.

Dan para penjual kain asli Cigondewah biasanya sudah turun temurun sejak era 80-an. Karena hasil usaha mereka tersebut, Cigondewah pun dikenal sebagai gudangnya penduduk bergelar "haji". Bila musim naik haji tiba, tak heran bila rombongan kloter dari Cigondewah biasanya mendominasi di Kota Bandung.

2. Di mana saja lokasi penjual kain Cigondewah?
Cigondewah termasuk salah satu kawasan di Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung. Para penjual kain sebetulnya bukan hanya yang ada di Kawasan Tekstil Cigondewah (KTC). Bila Anda ingin membeli kain Cigondewah, bisa menyusuri dari arah dekat Jembatan Tol Cijerah (Cigondewah Kaler) sampai Jembatan Tol Taman Kopo Indah (Cigondewah Kidul). Dan di antara kedua kawasan tersebut ada kawasan Cigondewah Rahayu tempat KTC berada dekat perumahan Taman Holis Indah.

3. Rute dan angkutan umum ke Cigondewah
Cigondewah termasuk kawasan yang mudah dijangkau dari berbagai arah. Bila menggunakan kendaraan pribadi bisa keluar tol Pasirkoja lalu masuk ke Perumahan Sumber Sari lalu ke Jln. Holis ke arah Cigondewah. Rute lainnya dari arah keluar tol Kopo bisa ke kiri ke arah Cirangrang Kopo belok kiri lewat Jln. Cibolerang menuju Cigondewah Rahayu. Atau bisa juga dari keluar tol Kopo ke kanan menuju Pasar Sayati lalu belok ke Taman Kopo Indah menuju Jembatan Tol Cigondewah/Pasar Cigondewah - Cigondewah Rahayu (KTC).

Untuk ke Cigondewah, cara termudah naik angkot yakni turun di Terminal Leuwipanjang tinggal jalan kaki ke arah timur, atau ke arah selatan ke Jln. Soekarno-Hatta (Bank BCA KCU Leuwipanjang). Dari sana, bisa naik angkot jurusan Cipatik - Tegallega (warna kuning) atau Ciwastra - Cijerah (warna abu).

4. Sinergi dengan home industry
Pada mulanya, para pedagang di Cigondewah menyuplai kain untuk kebutuhan industri rumahan konfeksi di daerah Soreang. Selain itu, sentra sandang Cigondewah pun menyuplai untuk kebutuhan konfeksi pembuatan topi di daerah Rahayu hingga arah Mahmud juga sentra produksi tas di daerah Sadang ke arah Sayati. Bahkan, para pedagang pun menjual hingga ke luar daerah dan luar negeri. Selain dikirim, banyak pembeli yang datang langsung ke Cigondewah.

5. Informasi dan tips belanja kain di Cigondewah
a. Kawasan wisata belanja kain Cigondewah masih terkendala oleh lahan parkir yang sempit juga fasilitas penunjang lain seperti sentra kuliner yang masih harus dibenahi. Tak jarang jalan di kawasan ini pun kerap dilanda kemacetan, terutama saat arus pergi dan pulang kerja. Karena banyaknya perumahan di sekitarnya, jalan di kawasan ini (terutama di Jln. Cigondewah Rahayu) jadi jalur sibuk. Belum lagi bila ada truk-truk pengangkut kain lewat jalan ini yang ukurannya super jumbo.
b. Sejak era 2000an, para pedagang kain di Cigondewah banyak yang dari luar Cigondewah, di antaranya dari para pedagang Padang dan India. Bahkan, toko-toko milik penduduk asli Cigondewah tak sedikit yang sudah dijual atau dikontrakkan ke pedagang dari luar.
c. Ada ratusan jenis kain yang dijual di sini, seperti sivon, brukat, satin, songket, katun, sari india, dan lain-lain. Pandai-pandailah memilih kain di sini karena siapa tahu ada barang yang cacat/reject.
d. Juga pandai-pandailah menawar harga kain di sini. Bila perlu, lakukan dulu survei ke setiap toko yang ada di sini sebagai bahan perbandingan. Pembelian kain di sini yang favorit dilakukan adalah dengan sistem kiloan. Selain itu, biasanya ada juga perantara/calo yang siap membantu pengunjung menemukan kain yang akan dibeli (terutama kain seperti bahan kaos untuk proyekan).
e. Bila Anda penasaran ingin menjelajah toko-toko kain, bisa dari arah rute Cigondewah Rahayu terus saja ke arah perempatan Taman Holis Indah lurus terus ke arah Cigondewah Kidul menuju Cigondewah Kaler (menuju arah Cijerah). Di sana juga banyak toko-toko kain, terutama yang menjual kain katun untuk kaos.


share to whatsapp