Informasi

KPU Kota Bandung Gelar Pengambilan Sumpah dan Janji PPK dan PPS




Pelantikan PPK dan PPS Kota Bandung 2018

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Bandung untuk Pemilihan Anggota Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019 resmi bertugas. Hal ini diawali dengan pengambilan Sumpah dan Janji PPK dan PPS yang dipimpin oleh Ketua KPU Kota Bandung, Rifqi Alimubarok. Acara ini dilaksanakan di Hotel Papandayan Kota Bandung pada hari Kamis (8/3/2018).

Hadir dalam acara ini Penanggung Jawab Sementara (PJS) Walikota Bandung Muhammad Solihin, Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Bandung Farhatun fauziah serta dinas/instansi terkait.

PJS Wali Kota Bandung Muhamad Solihin dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat menumbuhkan komitmen bagi seluruh PPK dan PPS untuk menjaga keberlangsungan Pileg dan Pilpres 2019 agar berjalan aman dan damai di Kota Bandung. "Peran PPK dan PPS ini sangat penting dan saya yakin mereka sekarang adalah orang-orang terbaik yang bisa menjalankan tugas dengan baik," ujarnya.

Solihin juga menjelaskan bahwa tugas dalam menjaga demokrasi Pilkada dan Pemilu adalah sebuah pekerjaan kolektif yang melibatkan semua elemen termasuk pemerintah. Sehingga ia berharap terjalin sebuah bentuk komunikasi harmonis. "PPK dan PPS sebetulnya garda paling depan untuk menjaga demokrasi. Saya ingin memberikan semangat pada mereka bahwa ini tugas mulia. Di tangan mereka proses demokrasi bisa berjalan lancar," ucap Solihin.

Sementara itu Ketua KPU Kota Bandung Rifqi Alimubarok menjelaskan dalam sambutannya bahwa PPK dan PPS yang diambil sumpah akan memulai tugasnya hari ini hingga proses Pileg dan Pilpres 2019 selesai. Rifqi juga menuturkan bahwa jumlah PPK setiap kecamatan berjumlah tiga orang begitu juga untuk PPS setiap kelurahan berjumlah tiga orang.

Mereka mayoritas adalah orang-orang lama yang belum dua periode menjabat. "Prosesnya kita seleksi lagi. Ada yang dua periode, itu tidak bisa lagi. Berarti harus ada penggantian," ujar Rifqi. Pihaknya berharap seluruh PPK dan PPS bisa menjalankan tugas secara baik sehingga proses pesta demokrasi tahun depan berjalan lancar, aman, jujur dan adil.


share to whatsapp