Informasi

Profil Cabup dan Cawabup KBB 2018: Elin Suharliah - Maman Sulaeman Sunjaya




Profil Elin Suharliah-Maman Sulaeman Sunjaya

Berikut ini profil pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Kabupaten Bandung Barat: Elin Suharliah-Maman Sulaeman Sunjaya.

Profil Calon Bupati Kabupaten Bandung Barat 2018:  Elin Suharliah
Elin Suharliah dilahirkan di Bandung pada 2 November 1952. Riwayat pendidikannya SD di Sumedang pada 1966; SMP di Sumedang pada 1969; dan SMA pada 1971 juga di Sumedang. Selesai pendidikan dasar dan menengah, lalu Elin meneruskan pendidikan tingginya di Kota Bandung. Ia lalu masuk APDN Bandung (lulus 1976). Pendidikan sarjananya ditempuh di STIA Angkasa Bandung (lulus 1988). Sedangkan pendidikan pasca sarjananya  di Univeritas Garut (Uniga) dan lulus pada 2000.

Elin pernah menjabat Ketua TP-Kecamatan Lembang, Sekretaris TP-PKK Kabupaten Bandung, Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Bandung, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Bandung, Ketua Koperasi Mutiara Dharma Wanita Kabupaten Bandung, Ketua yayasan Panti Asuhan Bhakti Pertiwi di Bale Endah, Ketua Gaubungan Organisasi Penyelenggara (GOP TKI) Kabupaten Bandung, Ketua Perwosi Kabupaten Bandung, dan Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Bandung.

Setelah suaminya menjadi orang nomor satu di Kabupaten Bandung Barat (KBB), ia menjabat sebagai Ketua TP-PKK KBB, Ketua Dekranasda KBB, Ketua FORMI BB, Ketua KONI KBB, Ketua IPSM (Ikatan Petugas Sosial Masyarakat) KBB, Ketua LKKS (Lembaga Kordinasi Kesejahteraan Sosial) KBB dan Ketua PUSREHSOS (Pusat Rehabilitasi Sosial) KBB.

Jabatan lain yang pernah diembannya di antaranya Ketua Forum PAUD, Bunda PAUD KBB, Penasihat GOW, Penasihat Dharma Wanita Persatuan KBB, Ketua Pengajian Muslimat NU KBB, Ketua BKMM dan Ketua P2TP2A (Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak).

Elin Suharliah diangkat menjadi PNS pada 1977, setelah sebelumnya mengenyam pendidikan di APDN Bandung. Kareirnya dimulai dari bawah, yaitu bekerja sebagai karyawan staf Kantor Bangdes Pemerintah Kotamadya Bandung. Setelah itu beliau mendapatkan jabatan pertamanya sebagai Kepala Sub Bagian Tata Usaha di kantor tersebut.

Elin kemudian dipindahkan ke Lembang mengisi jabatan sebagai Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan di Kantor Pembantu Bupati Wilayah Lembang, Kabupaten Bandung. Ia lalu dimutasi ke Soreang menjabat Kepala Sub Bagian Tata Usaha di  Kantor Pembantu Bupati Wilayah Soreang, Kab.Bandung. Ia kemudian menjadi camat di Kecamatan Katapang, Kab.Bandung. Kariernya dilanjutkan ke Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kab. Bandung sebagai Kepala Bagian Organisasi. Ia pun pernah menjadi Kepala Kantor Pendidikan dan Latihan (Diklat) Kab. Bandung. Sebelum pensiun, Elin sempat menjabat sebagai Kepala Kantor Arsip Daerah Kabupaten Bandung.

Profil Calon Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat 2018: Maman Sulaeman Sunjaya
Pria kelahiran Bandung, 17 Mei 1963 ini jabatan terakhirnya Sekretaris Daerah (Sekda) Kab. Bandung Barat. Pendidikan formal yang pernah ia tempuh di antaranta di SMPN 3 Bandung (1980), SMAN 7 Bandung (1983), APDN Bandung (1986), Ilmu Pemerintahan Jakarta (1994), dan Universitas Langlangbuana (2006).

Perjalanan kariernya: Inspektur Kepala Bawasda KBB (2007), Sekretaris DPRD KBB (2009), Sekda KBB (2011), Ketua Ormas AMS KBB (2015). Awal karier Maman sebagai birokrat dimulai pada 1986 setelah ia lulus dari APDN. Saat itu, ia bertugas di Kantor Perwakilan Kemantren Hantara, Kecamatan Ciniru, Kabupaten Kuningan.

Lihat juga:
Profil Cabup dan Cawabup KBB 2018: Doddy Imron Cholid - Pupu Sari Rohayati
Profil Cabup dan Cawabup KBB 2018: Aa Umbara Sutisna - Hengky Kurniawan


share to whatsapp