Informasi

Ngariung Angklung MTs Negeri 1 Kota Bandung Ikuti Parade Chingay Singapore




Angklung MTs Negeri 1 Kota Bandung

Ngariung Angklung MTs Negeri 1 Kota Bandung merupakan bagian dari pembelajaran ekstrakurikuler di sekolah yang diprakarsai oleh Hilman Pirmansah salah satu staf TU. Kegiatan ini begitu diminati oleh para siswa. MTs Negeri 1 Kota Bandung berlokasi di Jalan Terusan Holis, Kota Bandung dimana lingkungannya merupakan kawasan pabrik, namun dari tempat ini lahir ide kreatif berupa pembuatan kostum karnaval yang khusus di buat dari daur ulang limbah.

Satu keuntungan dari daerah tersebut juga adalah penghasil kain terbaik sehingga dapat mendukung Hilman Pirmansah yang dibantu oleh Didi Hermansyah untuk membuat sesuatu yang baru dan unik. Tidak hanya penampilan kostum yang menarik, tapi juga paduan penampilan angklung yang di tampilkan bersamaan.

Dimas, Anisa , Naila, Ruri, Riri, Muhammad Rizki, Quinsa, Rida, Shiva , Naila, dan Anny merupakan beberapa siswa yang mendapat bimbingan desain, pembuatan kostum sampai menjadi modelnya dan ini adalah pembelajaran langsung yang sangat luar biasa.

Tahun ini Kedutaan Besar Republik Indonesia Singapura mengundang MTs Negeri 1 Kota Bandung untuk tampil di acara Parade Chingay Singapore yang diselenggarakan dan dikelola oleh Singapore Chiangay dan Event Network (SCENE) Division of the people's Association (PA) Chiangay Parade 2018. Parade sendiri rencananya akan digelar hari Jumat dan Sabtu tanggal 23-24 Februari 2018 bertempat di F1 Pit Building. Perhelatan tahunan ini akan sangat meriah karena melibatkan 2000 sukarelawan dari berbagai institusi pendidikan di berbagai aspek, duta perhotelan, kru produksi, motivator, kepolisian, relawan F & B , serta bagian logistik.

Pada kesempatan yang sama Tatan Jamaludin yang menjabat sebagai Kepala Sekolah MTs Negeri 1 Kota Bandung mengatakan bahwa dirinya sangat bangga kalau sekolahnya yang berada di bawah naungan Kementrrian Agama (Kemenag) mampu menghasilkan kreativitas yang luar biasa dari tangan kreatif para stafnya. Dan yang tak kalah penting, sekolahnya ini sebagai salah satu sekolah yang mewakili sekolah yang ada di seluruh Indonesia bersama delapan tim lainnya yang tersebar.

Disela-sela kesibukannya mempersiapkan kostum, Hilman Pirmansah menuturkan juga bahwa undangan ini merupakan kesempatan yang tidak boleh disia-siakan. Karena ini adalah suatu kehormatan dan kepercayaan khususnya untuk dirinya sendiri dan umumnya untuk orang-orang yang selama ini memberikan kesempatan kepadanya dan anak-anak untuk terus berkarya dan berinovasi.

Rencananya rombongan akan dilepas oleh Yossi Irianto pada hari Senin, 19 Februari 2018, sekaligus pemberian piagam untuk Duta Seni yang akan berangkat minggu pekan ini. Ucu Nurlaela dan Mastirah adalah guru yang terlibat pada kegiatan ini menuturkan harapannya agar kreativitas, karya, dan prestasi MTs Negeri 1 Kota Bandung  dapat menjadi inspirasi untuk sekolah lainnya khususnya di Kota Bandung dan umumnya di tingkat Nasional. (Santi Susilawati)


share to whatsapp