Informasi

Profil Pemain Persib: Henhen Herdiana





Pemain Persib Bandung kelahiran Bandung, 10 September 1995 ini biasa berposisi sebagai bek kanan. Henhen sempat merasakan berbagai posisi saat masih junior di beberapa sekolah sepakbola Bandung seperti Locomotive hingga Kartabraja. Mulai winger, gelandang bertahan, bek tengah hingga akhirnya menjadi full back. Perubahan posisi ke bek kanan itu tidak lepas dari instruksi pelatih SSB Locomotive, mendiang Bambang Sukowiyono.

Selain membela skuat Maung Bandung, Henhen pun masuk jajaran pemain Timnas Indonesia U-23. Di tahun 2017 Henhen masuk menjadi 25 pemain periode ketiga yang dipanggil Luis Milla untuk mengikuti seleksi Timnas U-22 Indonesia yang dipersiapkan untuk ajang SEA Games.

Henhen memulai karier sepakbola juniornya dengan klub SSB Bareti Ciater, Subang. Tahun 2014, Henhen bergabung dengan Diklat Persib. Kemudian pada 2016, Henhen bergabung dengan Tim Sepakbola PON Jawa Barat, dan berhasil mendapatkan medali emas cabang sepakbola pada ajang PON XIX/2016 di Jawa Barat.

Pada Piala Presiden 2017, Henhen ikut membela Persib melawan PSM Makassar. Bersama Gian Zola, dan Febri Haryadi, Henhen merupakan salah satu pemain U-23 yang sering masuk di starting line-up Persib. Henhen yang berposisi sebagai bek kanan mampu bersaing dengan Supardi Nasir yang merupakan rekan, mentor, dan sekaligus idolanya di Persib. Karena performanya yang baik pada pra-musim, Henhen berhasil menembus skuat utama Persib dalam menghadapi Liga 1 musim 2017.

Pada Liga 1 2017, pemain dengan tinggi 176 cm ini menjadi salah satu pemain muda yang mendapatkan menit bermain cukup banyak di Persib. Tercatat pemain bernomor punggung 21 itu bermain dalam 22 pertandingan dengan 1701 menit bermain. Di tahun 2017 Henhen masuk menjadi 25 pemain periode ketiga yang dipanggil Luis Milla untuk mengikuti seleksi Timnas U-22 Indonesia yang dipersiapkan untuk ajang SEA Games. Namun, Henhen Herdiana yang saat itu mengikuti seleksi bersama Gian Zola dan Febri Hariyadi gagal lolos.

Awal 2018, Henhen Herdiana bersama Febri Hariyadi mendapat panggilan Timnas U-23 melalui surat bernomor 11/AGB/06/I-2018 tertanggal 1 Januari 2018 dan 95/AGB/46/2018 tertanggal 7 Januari 2018. Atas pemanggilan tugas negara tersebut, Persib Bandung tak akan diperkuat keduanya saat laga pembuka Piala Presiden 2018 dimana Persib Bandung melawan Sriwijaya FC di Stadion GBLA, Selasa (16/1/2017).

Dan musim 2018, Henhen pun mendapat kepastian dikontrak kembali oleh manajemen Persib. Meski tinggal di daerah Cijerah, Bandung, bek 21 tahun itu mengaku selalu pulang ke Garut setiap tahunnya. Mudik ke daerah Bojongsalam, Garut sudah menjadi rutinitas keluarga Henhen setiap Lebaran. Henhen mengatakan Garut merupakan kampung halaman ibunya. Walau sepak bola sudah jadi kariernya, namun Henhen tak melupakan pendidikan. Henhen kini kuliah di Universitas Islam Nusantara (Uninus) mengambil jurusan Pendidikan Luar Sekolah ‎(PLS).

Akun Instagram: @henhenherdiana12

Profil pemain Persib lainnya


share to whatsapp