Informasi

FTBM Jabar Gelar Kopi Darat Pegiat TBM di Jatinangor




Kopdar FTBM Jabar di Jatinangor

Kegiatan literasi menjadi trend baru masyarakat Indonesia. Terlebih ketika pemerintah menggulirkan program Gerakan Indonesia Membaca dan Kampung Literasi. Hingga saat ini lebih dari 4000 Taman Bacaaan Masyarakat (TBM) tersebar di seluruh Indonesia. Meski yang aktif kegiatannya ada sepertignya, hal ini lah yang menjadi dasar mengapa literasi perlu dikuatkan.

Beretmepat di Sanggar Pramuka Kampus Ikopin Jatinangor, Sumedang, Forum TBM (FTBM) Jabar menggelar kopi darat (kopdar) pada 26-27 Desember 2017.

"Awalnya, peserta yang akan hadir diperkirakan sekitar 30 orang. Namun ternyata membludak mencapai 109 peserta. Ini membuat saya terharu," ungkap Aam Siti Aminah, Ketua Pelaksana.

Adapun tema yang diusung dari acara kopdar ini "Dari kita oleh kita untuk kemajuan literasi Jabar tercinta." Acara kopdar diisi dengan segmen acara: Camping Ceria, Bedah Buku Suara dari Margin, Pelatihan Menulis Berita, Diskusi Bersama Panglima Integritas, Curhat Pengelola TBM, pentas Seni, pesta liwet, penyerahan bantuan buku, dan pameran foto dan karya TBM.

"Saya sangat beruntung bisa mengikuti kegiatan kopdar ini. Banyak hal luar biasa yang didapat dari kegiatan ini," ungkap Mayasyaroh, pegiat literasi asal Kab. Kuningan.

Sementara Ketua FTBM Jabar Nerotaufik menyebutkan bahwa kegiatan kopdar ini akan dijadikan agenda tahunan FTBM Jabar dengan menghadirkan unsur-unsur yang mendukung kegiatan literasi. Kegiatan literasi ini, tambahnya, perlu  dikembangkan dengan berbagai kreativitas, sesuai kebudayaan masyarakat di tempat TBM berada, karena tujuan Literasi selain mencerdaskan juga memberdayakan masyarakat.


share to whatsapp