Informasi

Bupati Lantik Pengurus Pepadi Kabupaten Bandung di Cicalengka




Wayang Golek cicalengka

Bertempat di Alun-alun Cicalengka Kabupaten Bandung, pada hari Sabtu, 9 Desember 2017 Pukul19.00 WIB.diselenggarakaan "Pagelaran Wayang Glek: Tandang Tiga Dalang Dina Sajagad Sabilulungan" dan pelantikan pengurus Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kabupaten Bandung

Acara dimulai dengan pelantikan pengurus Pepadi Kabupaten Bandung Periode 2017-2022, oleh Ketua Pepad Provinsi Jawa Barat Dr. Caca Kuswara. Dalam sambutannya, Caca menugaskan untuk menyusun rencana program kegiatan yang mengacu pada kegiatan program sesui dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (ADART), selama lima tahun 2017-2022.

Susunan pengurus Pepadi Kabupaten Bandung Periode 2017-2022
Adapun susunan pengurus Pepadi Kabupaten Bandung, diantaranya:
Pelindung: Bupati, Ketua DPRD
Pembina: Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik
Penasihat: Juhana, H. Deden, H. Iden Subarna, Abah Heri, Utun H., dr. Asep.

Pengurus Harian
Ketua : Engkos Kosasih
Wakil Ketua Bidang Kemitraan : Asep Kamanjaya
Wakil Ketua Bidang Pelatihan Pengembangan Seni : Dadan Sunarya.
Sekretaris 1 : Asep Supriatna
Sekretaris 2 : Batara
Bendahara : Umi Mihayati
Seksi Umum dan Pelaksana : Encang Kusnadi

Caca Kuswara juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintahan Kabupaten Bandung yang telah membantu dan mendukung penyelenggaraan pagelaran wayang golek . Ia pun mengucapkan terima kasih kepada pengurus yang lama atas segala sumbangan pikiran, tenaga dan amal baktinya, yang sudah melaksanakan tugas selama lima tahun ke belakang.

Sedangkan kepada pengurus yang baru dilantik diharapkan, bisa lebih baik dan maju. Ucapan terima kasih disampaikan pula kepada para dalang yang ada di wilayah Kabupaten Bandung, atas dukungannya untuk Pepadi Provinsi Jawa Barat. Ada tiga misi Pepadi, yaitu: Ngarawat, Ngaruma, dan Ngaruat.

Lahirkan maestro dalang tingkat dunia
Bupati Bandung dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada kepengurusan yang lama dan ucapan selamat kepada kepengurusan yang baru, dan mengajak untuk bersama-sama menonjolkan seni padalangan di Kabupaten Bandung. Kabupaten Bandung sudah melahirkan maestro dalang tingkat dunia yaitu, Asep Sunandar Sunarya.

Dengan adanya organisasi Pepadi, Bupati berharap semoga kebersamaan akan selalu terjaga dan akan selalu berkembang. Karena dengan adanya para dalang, diantaranya syiar Agama Islam akan tersampaikan melalui budaya seni pewayangan. Karena dalang bisa berperan sebagai da'i atau penyampai da'wah, melalui seni bisa menyampaikan petunjuk, ilmu, ajaran agama.

Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan telah diresmikannya Tol Soroja pada tanggal 4 Desember lalu. Bupati juga menitipkan kepada para camat dan para kades untuk turut menyukseskan program membangun seribu kampung. Acara dihadiri, antara lain oleh  unsur perangkat daerah, para camat, para kepala desa, Ketua MUI Kabupaten Bandung, Ormas, para dalang, Danramil, Kapolsek, serta undangan lainnya. (Deka)


share to whatsapp