Kompetisi dan Pameran Filateli Internasional di Bandung 3 - 7 Agustus 2017





Kompetisi dan Pameran Filateli Internasional di Bandung 3 - 7 Agustus 2017

Direktorat Pos, Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Kementerian Kominfo akan menyelenggarakan Kompetisi dan Pameran Filateli Internasional "Bandung 2017" pada tanggal 3-7 Agustus 2017 di Trans Convention Center, Bandung. Persiapan penyelenggaraan tersebut dilakukan setelah secara aklamasi Perkumpulan Filatelis Indonesia terpilih dan disetujui dalam Kongres Federation Internationale De Philatelie di Kuala Lumpur pada bulan Desember 2014.

Pameran filateli ini merupakan ajang kompetisi para filatelis (pehobi koleksi prangko dan benda pos lainnya) dari seluruh dunia, diproyeksikan akan diikuti oleh para filatelis dari sekitar 70 negara Federasi Filateli di dunia yang menjadi anggota FIP (Federation Internationale de Philatelie) serta diramaikan oleh sekitar 60 stamp dan numismatic dealer dari luar dan dalam negeri.

Pameran yang bertemakan: "Jembatan Menuju Dunia Yang Damai Melalui Prangko (Bridging To The World Of Peace Through Stamp)" tersebut bertujuan untuk:

a. Meningkatkan persahabatan antara filatelis dunia sebagai salah satu andil untuk menciptakan perdamaian dunia, serta memajukan perfilatelian dalam segala aspeknya.

b. Sekaligus memperingati hari HUT Proklamasi RI yang ke-72, memperingati 72 tahun Provinsi Jawa Barat, dan memperingati 207 tahun kota Bandung.

c. Membangkitkan kehidupan perfilatelian di tanah air.

Penetapan tema pameran, tujuan pameran, dan tema edisi khusus, dilandaskan harapan semoga penyelenggaraan event ini akan dapat menginspirasi masyarakat luas akan perlunya tertanam rasa cinta tanah air, rasa kebanggaan atas bangsa dan negara Indonesia, cinta perdamaian serta kecintaan terhadap budaya bangsa.

Hobi filateli yang didalamnya terkandung nilai-nilai luhur seperti ketelitian, ketekunan, kesabaran, disiplin, kejujuran, semangat menambah pengetahuan dan rasa persahabatan, perlu terus dikembangkan di tanah air karena cukup relevan dengan upaya pembinaan karakter bangsa khususnya pada genrasi muda penerus bangsa.

Sebelumnya, Indonesia telah menggelar 5 pameran yang sama untuk tingkat internasional/ dunia yaitu: INDOPEX 93 di Surabaya, JAKARTA 95 di Jakarta, INDONESIA 96 di Bandung, JAKARTA 2008 di Jakarta dan INDONESIA 2012.

Sebanyak 60 federasi negara-negara anggota FIP yang akan ikut serta dalam  9 (sembilan) kelas kompetisi dan non-kompetisi termasuk court of honour atau koleksi kehormatan dan grand prix yang merupakan koleksi-koleksi filatetli terbaik dunia dari kolektor-kolektor benda filateli berbagai negara.

Dalam kompetisi ini, exhibit-exhibit yang didatangkan akan dinilai oleh 49 orang juri dan 8 orang calon juri magang yang merupakan ajang ujian bagi calon-calon juri filateli internasional. Dewan juri Bandung 2017 akan menilai dan menetapkan perolehan medali dari masing-masing koleksi yang dipamerkan yang terdiri dari medali brown sampai dengan large gold (nilai 60 s/d 100).

Kepesertaan
Pameran kali ini tercatat peserta dari indonesia sebanyak 40  peserta dengan jumlah frame 207 atau sekitar 10 % dari jumlah keseluruhan peserta.

Dalam pameran ini, jumlah koleksi yang akan diterima panitia terdiri dari 1918 frame dari 9 kelas yang dipertandingkan, terdiri dari 371 di atas frame/ panel dan 84 judul literatur, serta 5 frame koleksi kehormatan (undangan) dan 14 frame koleksi Grand Prix FIP.

Selain koleksi yang dipertandingkan, pada pameran ini akan diikuti pula oleh +60 stand yang terdiri dari 35 (tiga puluh lima) booth pedagang prangko/ numismatik luar negeri serta administrasi pos dari berbagai negara dan 25 (dua puluh lima) booth pedagang prangko/ numismatik dalam negeri.

Administrasi pos yang akan mendaftar antara lain: Singapore Post, Chunghua Post, China Post, DPR Korea Post, Bangladesh Post, Malaysia Pos, Vietnam Post, Philippina Post, Macau Post, Bostwana Post, Leichtenstein Post, Turkey Post, German Post, India Post dan Namibia Post.

Kegiatan Pameran
Bandung 2017 akan berlangsung selama 5 (lima) hari yang tiap-tiap hari pameran akan diisi berbagai kegiatan lain seperti lomba menata prangko, lomba mewarnai prangko, lomba desain prangko, lomba membuat kartu pos, baca puisi, mendongeng, bermain dan berekreasi bersama badut dan permainan-permainan lainnya.

Selama pameran akan diselenggarakan juga aktivitas filateli lain seperti seminar filateli berbagai topik, workshop filateli, penyuluhan filateli tingkat pemula dan sebagainya.

Bandung 2017 akan dimeriahkan dengan hadirnya sekitar 60 stand/ booth pendukung baik postal operator dan para stamp dealer dari berbagai negara dan dari seluruh indonesia. Inilah peluang yang baik bagi para kolektor dan masyarakat untuk melengkapi koleksinya dan yang tidak kalah menariknya adalah diterbitkannya “paspor filateli”. Para pengunjung akan mendapat kesempatan mengunjungi gerai pos negara-negara peserta membeli secarik prangkonya, ditempelkan pada halaman paspor yang memuat data negara terkait dan meminta stampel peringatan pameran.

Infomasi lebih lanjut mengenai kegiatan Kompetisi dan Pameran Filateli Internasional “Bandung 2017” dapat menghubungi Sdri. Ary Suryani, Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika, No Hp. 0812-1301-7462. (Biro Humas Kemenkominfo)

--------

Baca info-info seputarbandungraya.com lainnya di GOOGLE NEWS