Peringatan Nuzulul Quran Pemkab Bandung Diisi Sejumlah Kegiatan





Peringatan Nuzulul Quran Ramadan 2107 Pemkab Bandung

Peringatan Nuzulul Quran (17 Ramadhan 1438 H) lingkup Pemkab Bandung dilaksanakan pada Senin (12/6/2017) malam. Kegiatan diisi dengan serangkaian kegiatan yang diawali dengan Launching Program Sabilulungan Gerakan Sejuta Muzaki.

Bupati Bandung, H. Dadang M. Naser, mengungkapkan bahwa 95 % masyarakat Kabupaten Bandung adalah pemeluk agama Islam. Akan tetapi, kesadaran umat dalam membayar dan mengelola zakat bisa dikatakan masih rendah.

“Fungsi zakat adalah untuk kemaslahatan umat, untuk itu pengelolaan zakat secara profesional sangat diperlukan agar zakat yang diterima bisa lebih produktif, tidak hanya dibagikan langsung kepada mustahiq,” kata Bupati.

Bisa lebih kreatif dan inovatif 
Baznas dalam mengelola zakat, harap Dadang Naser, bisa lebih kreatif dan inovatif dengan melibatkan pengusaha dan masyarakat kalangan menengah ke atas untuk mulai mengeluarkan zakat penghasilannya.

“Jika program gerakan sejuta muzaki ini mencapai target, maka dana zakat ratusan miliar rupiah akan terkumpul dan akan menanggulangi kemiskinan, dengan catatan pengelolaannya harus profesional dan akuntabel,” ujar Dadang.

Dana tersebut bisa dipergunakan misalnya untuk bantuan modal, program UKM, program pelatihan kewirausahaan sehingga nantinya diharapkan para mustahiq ini meningkat derajatnya menjadi muzaki.

Wakaf buku
Selain meluncurkan program tersebut, ditandai dengan penyerahan Kartu Baznas dari BJB Syariah kepada Bupati, acara juga diisi dengan penyerahan wakaf buku dari PNS bagi masyarakat Kabupaten Bandung yang secara simbolis diserahkan Sekretaris Daerah, H. Sofian Nataprawira, kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Tri Heru Setiati.

Buku-buku yang terkumpul tersebut akan diwakafkan secara bertahap kepada lembaga pendidikan khusus, PAUD, rumah ibadah, perpustakaan desa dan taman bacaan dalam upaya membudayakan kegemaran membaca masyarakat Kabupaten Bandung.

Selain itu diserahkan pula trofi bergilir juara umum Pentas PAI jenjang SD, SMP, SMA tingkat Provinsi Jawa Barat yang diserahkan oleh Ketua Kontingen Pentas PAI Kabupaten Bandung, H. Hilman kepada Bupati Dadang Naser. (Kominfo Setda Pemkab Bandung)

--------

Baca info-info seputarbandungraya.com lainnya di GOOGLE NEWS