Kampung Gajah Wonderland, Destinasi Wisata di Lembang yang Tinggal Kenangan

share to whatsapp




Kampung Gajah Wonderland Bangkrut 2019

Saat dibuka tahun 2010, tempat wisata ini jadi perbincangan untuk warga Bandung sendiri. Maklum saja waktu itu, sajian tempat wisata di kawasan Cihideung Lembang ini lain daripada yang lain. Di depan tempat wisata ini, para patung gajah seukuran aslinya "menyambut" kedatangan para pengunjung.  Utamanya areanya yang luas serta wahana yang ada di dalamnya terbilang lengkap. Kawasan wisata terpadu di Bandung Utara di Bandung ini pun waktu itu menjadi tujuan para pelancong saat wisata di Bandung.

Kampung Gajah Wonderland berdiri di lahan seluas 60 hektare menyajikan aneka wahana rekreasi yang bisa dicoba satu per satu. Beberapa wahanan favorit yang ada di Kampung Gajah Wonderland, antara lain Formula Kart, Sky View, Cross, Segway, 4D Rider, Delman Royal, Mini ATV, hingga permainan yang memacu adrenalin seperti ATV Adventure, Tubby Slide, Sky Rider, dan lainnya.

Lokasinya di Jalan Sersan Bajuri KM. 3,8, Cihideung, Parongpong, Cihideung, Bandung terbilang strategis. Di akhir pekan dan musim liburan, waktu itu, Kampung Gajah Wonderland selalu penuh oleh pengunjung terutama dari luar kota.

Sayangnya, pada akhir 2017 tempat wisata ini dinyatakan pailit kemudian ditutup. Dan Agustus 2018 mulai dilelang.  Kini, bekas aneka wahana pun terbengkalai. Kolam ombak yang dulu ramai jadi arena bermain anak-anak pun surut dan dipenuhi lumut. Kendati begitu, masih tampak bangunan berbentuk perahu di ujungnya.

Juga, jalur seluncuran air telah dibongkar. Tampak beberapa petugas memindahkan bagian per bagian dari seluncuran tersebut. Yang tersisa kini hanya bekas fondasinya saja. Di sebelahnya, trek bermain ATV pun mulai tertutupi rerumputan dan ranting pepohonan. Nyaris tak berbentuk lagi. Namun di sejumlah sudut dapat kita temukan trike bike yang sudah berkarat. Bekas tempat wisata ini pun kini jadi saksi bisu kejayaan tempat rekreasi terpadu yang pernah ngehits pada zamannya.