Kabupaten Tasikmalaya Juara Lomba Baca Kitab Kuning Se-Jawa Barat





Sebanyak 27 orang peserta hasil seleksi dari kota dan kabupaten se-Jawa Barat mengikuti semifinal Lomba Baca Kitab Kuning Tingkat Provinsi. Lomba diadakan di Aula Kantor DPW PKS Jawa Barat, Jln. Soekarno Hatta, Kota Bandung, Kamis (14/4/2016).

Peserta dari Kabupaten Tasikmalaya berhasil keluar sebagai juara pertama. Disusul Juara II Kabupaten Cianjur dan Juara III dari Kabupaten Ciamis. Sementara Juara Harapan I diraih Kabupaten Garut, Juara Harapan II Kota Bekasi, dan Juara Harapan III Kota Bogor. Kegiatan ini merupakan rangkaian memperingati milad PKS ke-18.

Ketua DPW PKS Jawa Barat Ahmad Syaikhu berharap lomba ini bisa menambah kecintaan masyarakat dalam melestarikan dan mempelajari kitab kuning.

“Kami ucapkan selamat kepada para juara dan terima kasih kepada semua pihak atas partisipasinya pada kegiatan ini. Selamat bertanding pada grandfinal, semoga Jawa Barat menjadi juara pertama tingkat nasional,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Lomba Kitab Kuning Tingkat Provinsi Jawa Barat, Abdul Muiz menyatakan total peserta 389 orang, kemudian diseleksi menjadi 27 orang mewakili kota dan kabupaten masing-masing. Juara pertama pada semifinal tingkat provinsi ini akan dikirim ke grandfinal di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS, Jakarta, pada Minggu (24/4/2106).

Apresiasi Kepada Para Ulama dan Santri
Lebih lanjut anggota DPRD Jabar ini menyatakan tujuan lomba ini diantaranya untuk memberikan apresiasi kepada para ulama serta para santri yang secara intens dan tekun penuh semangat mendalami kitab kuning di pesantren-pesantren, majlis taklim, maupun lembaga keislaman.

Melalui lomba kitab kuning ini bisa terjalin silaturahim dengan ulama, cerdik cendekia, dan kaum santri.
“Untuk para juara berhak mendapat uang pembinaan dan trofi. Juara pertama mendapat hadiah uang pembinaan sebesar 10 juta, juara kedua 7.5 juta, dan juara ketiga sebesar 5 juta rupiah. Selanjutnya untuk juara harapan pertama sebesar 3 juta, juara  harapan dua sebesar 2 juta, serta juara harapan ketiga mendapatkan 1 juta rupiah,” pungkasnya.

Acara dibuka secara resmi oleh Asisten Daerah Provinsi Jawa Barat Ahmad Hadadi mewakili Gubernur. Tampak hadir pada  acara ini Ketua DPP Bidang Wilayah Dakwah Banten, Jakarta, dan Jawa Barat (Banjabar) Tate Qomaruddin juga para tamu undangan ormas Islam Jabar, di antaranya dari NU, PUI, Muhammadiyah, Al Wasliyah, dan Perti. Adapun yang bertindak sebagai dewan juri di antaranya:  Drs. KH. Djalaludin Assyatibi, Dr. KH. Mujio Nurkholis, M.Ag (MUI), dan Dr. KH. Asep Arifin, M.Ag.  (DLS)

--------

Baca info-info seputarbandungraya.com lainnya di GOOGLE NEWS