Newsticker

Aplikasi Rumah Binaan (Rubin) Inovasi Teknologi Berbasis Sosial


Aplikasi Rubin bandung

Tim Program Rubin telah melakukan silaturahmi dengan berbagai komunitas  keislaman di berbagai kampus antara lain Murrabians, ODOJ, Kalam UPI, LDK UMMI UNIKOM, dan DKM Unpad.  Komunitas keislaman tersebut siap mendukung dan membantu Program Rubin karena komunitas dakwah tersebut juga membutuhkan wadah untuk pembinaan.

Ide dan gagasan Rubin juga disampaikan kepada pihak Pemerintah Kota Bandung melalui audiensi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) pada akhir bulan Februari 2017 dan Dinas Sosial (Dinsos) pada awal bulan April.  Kepala  Dinsos Kota Bandung, Tono Rusdiantono menyatakan, Program Rubin merupakan program sosial yang kreatif untuk membantu pemerataan pembinaan sosial di Kota Bandung khususnya bagi mahasiswa.

Inovasi teknologi berbasis sosial
Sementara pihak Diskominfo berpendapat, Program Rubin merupakan inovasi teknologi berbasis sosial yang bisa bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu, Program Rubin yang berbasis aplikasi Android dapat membantu Pemerintah Kota Bandung menuju kota pintar (smart city).

Dukungan juga disampaikan oleh Ketua MUI Kota Bandung Prof. Dr. K.H. Miftah Faridl. Menurutnya, pembinaan-pembinaan khusus diperlukan untuk menjaga pemuda muslim agar tetap berada pada jalan yang benar. MUI Kota Bandung akan mendukung dan membantu dalam hal verifikasi lembaga keislaman yang akan membina di Rubin. Selain itu MUI Kota Badnung akan membantu dari segi kurikulum dan materi-materi keislaman yang akan disampaikan kepada mahasiswa di Rumah Binaan.

Dewasa ini masalah-masalah sosial mulai mengancam mahasiswa antara lain fenomena pergaulan bebas, narkoba, dan krisis mental.  Jika masalah-masalah tersebut dibiarkan melanda mahasiswa tentu berdampak buruk bagi masa depan bangsa. Salah satu penyebab munculnya ancaman dari masalah-masalah tersebut terhadap mahasiswa adalah kurangnya pengawasan dari pemilik rumah kos yang ditempati mahasiswa.

Ketika mahasiswa tinggal sendiri di tempat kos tanpa ada pengawasan, pembinaan, dan pendidikan,  maka mereka akan merasa bebas melakukan apapun. Pengaruh negatif akan lebih mudah diterima oleh mahasiswa ketika mereka sendirian, penyakit-penyakit sosial akan mudah menyerang mereka.

Menangani masalah sosial
Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem pembinaan yang dapat mengontrol, mengawasi, dan mendidik mahasiswa untuk menjadi generasi ideal penerus kepemimpinan bangsa.  Karena hal tersebutlah tim  berinisiasi membuat sebuah program pembinaan berdasarkan Al-Quran bagi mahasiswa berbasis aplikasi Android yakni  Program Rubin dengan tujuan dapat membantu menangani masalah sosial mahasiswa di Kota Bandung.

Kami mengimbau para pemilik rumah kosong dan tidak digunakan di Kota Bandung untuk  bergabung dengan Program Rubin.  Meminjamkan rumah kosong kepada Tim Program Rubin berarti ikut melahirkan  pembinaan mahasiswa untuk menghasilkan generasi cerdas yang hafal Al-Quran

Sebuah rumah yang beralamat di Jl. Gegerkalong Wetan No. 8 Sukasari Kota Bandung, dimanfaatkan menjadi kantor sementara, menjadi pusat aktivitas pengembangan aplikasi dan program bagi tim Rubin untuk berkumpul dan berkreasi.  (CP. Ruston : 0856-2414-3416) #Tim Media Rubin.id. (Rilis Rubin)