Informasi

Opera Mediaworks: Teknologi, Komputasi dan Games, Kategori Aplikasi Terpopuler di Indonesia




Opera Mediaworks hari ini meluncurkan laporan terbaru, Mobile First Insights (MFI), untuk kawasan Asia-Pasifik (APAC), termasuk Australia, India, Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand dan Vietnam. Berdasarkan laporan ini, Teknologi dan Komputasi merupakan kategori dengan impresi terbesar di platform iklan ponsel Opera di Indonesia, diikuti oleh Games, Media Sosial, Layanan Komunikasi, serta Musik, Video dan Media

Laporan ini juga menemukan walaupun pendapatan iklan pada platform mobile web masih lebih besar dari aplikasi, namun tingkat click-through pada platform aplikasi dua kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan click-through pada web. Hal ini membuktikan bahwa bisnis aplikasi memiliki peluang sangat menjanjikan di Indonesia. Pendapatan iklan aplikasi juga meningkat 3,2 kali dibandingkan tahun sebelumnya, dan hampir 60 persen lebih tinggi daripada rata-rata pertumbuhan di Asia-Pasifik.

Sementara itu, iklan in-app menyalip mobile web di hampir seluruh pasar Asia-Pasifik, kecuali Indonesia dan India. Click-through pada aplikasi 1,3 hingga 2 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan web click-through di semua negara Asia-Pasifik yang disurvei. Dari segi pendapatan iklan, aplikasi juga melebihi mobile web di hampir seluruh pasar Asia-Pasifik, sebanyak 13 kali lebih besar di Singapura dan Thailand.

“Indonesia merupakan pasar unik di kawasan Asia-Pasifik. Sebagai salah satu negara pengguna ponsel  terbesar di dunia dengan sebagian besar lalu lintas online berasal dari ponsel, kami melihat pertumbuhan pengguna aplikasi dan penempatan iklan di dalam aplikasi sangat menjanjikan di Indonesia,” ujar Vikas Gulati, Managing Director, Asia Opera Mediaworks.

“Sangat menarik menyaksikan bagaimana beberapa tren, seperti penggunaan game, teknologi dan komputasi serta sosial media yang tinggi, tercermin di hampir seluruh pasar Asia-Pasifik, terlepas dari perbedaan budaya, sosial dan ekonomi di kawasan ini. Kami berharap laporan ini dapat melayani kebutuhan brand, agensi dan penerbit sehingga dapat menjadi acuan serta dinantikan oleh pengguna karena memberikan pandangan berharga dan praktik terbaik berdasarkan kategori, yang dapat diterapkan di bisnis mereka,” tambah Vikas.

Laporan triwulan ini dirancang untuk membantu pemasar dalam bernavigasi dalam lingkup mobile, yang berubah dengan cepat, dan membuat keputusan strategis, yang akan mendorong hasil nyata untuk bisnis mereka.

Sorotan pada laporan ini:

1. Pengguna di kawasan Asia-Pasifik habiskan waktu lebih lama di aplikasi ponsel
Dengan memperhatikan data dari 100 aplikasi terbaik yang menggunakan platform iklan ponsel Opera untuk memonetisasi lalu lintas, terlihat bahwa pengguna ponsel di Asia-Pasifik menghabiskan 46 menit untuk setiap aplikasi populer – lebih lama daripada rata-rata penggunaan global, yang hanya 30 menit. Lama rata-rata penggunaan ponsel di Asia Pasifik adalah 9,6 menit, juga lebih lama daripada rata-rata penggunaan global, yang hanya 8,5 menit.

2. Berdasarkan tayangan, Games adalah kategori aplikasi ponsel teratas di hampir seluruh negara Asia-Pasifik.Kategori Games meraih jumlah tayangan iklan tertinggi di “platform” iklan ponsel Opera Mediaworks di Australia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. Namun, India dan Indonesia menunjukkan hasil berbeda. Pengguna aplikasi di India cenderung memilih kategori Musik, Video dan Media sedangkan Indonesia, yang didominasi pengguna muda penggemar teknologi, lebih condong pada pemakaian aplikasi teknologi dan komputasi.

Namun, iklan pada aplikasi games tidak selalu memiliki tingkat konversi atau tingkat click-through tinggi. Iklan pada kategori olahraga serta kesehatan dan kebugaran memiliki konversi lebih baik ketimbang kategori lain di kebanyakan negara kawasan Asia-Pasifik, termasuk Indonesia, Thailand, Singapura dan Malaysia.

3. Kampanye iklan pada aplikasi ponsel menghasilkan pemakaian lebih tinggi jika dibandingkan dengan web mobile
Tingkat click-through pada aplikasi mencapai 1,3 hingga dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan web mobile di seluruh negara Asia-Pasifik. Pendapatan aplikasi dari brand dan pengunduhan aplikasi iklan lebih banyak daripada pendapatan web mobile di kebanyakan negara Asia-Pasifik, kecuali India dan Indonesia. Di Indonesia, click-through pada aplikasi dua kali lebih tinggi di mobile web.

4. Rancangan Kreatif untuk ponsel
Laporan ini terdiri atas dua kampanye iklan ponsel yang merupakan contoh utama rancangan kreatif, yakni rancangan kreatif khusus untuk ponsel, yang sering mempengaruhi kapabilitas perangkat keras dan lunak asli yang ditanamkan ke dalam perangkat ponsel.

Pembaca akan mengetahui:
- Bagaimana Hilton Hotels & Resort menggunakan video 360° untuk memberikan pengalaman penuh pada pengguna perangkat mobile saat berada di hotel mereka, mendorong pemesanan selama liburan dan target KPI lain.
- Bagaimana Stoli menggunakan efek haptic untuk membuat pengocokan martini terasa nyata, menciptakan ikatan dan pengulangan signifikan, yang membuat pelanggan dan tamu terkejut dan terkesan memberikan efek getaran di tangan mereka.

Tentang Laporan MFI
Hasil dari  laporan ini berdasarkan  platform Opera, yang telah digunakan oleh lebih dari 1,4 miliar pengguna, dan termasuk tren kuartal, praktik iklan terbaik, dan hal-hal baru dalam teknologi mobile dan kreativitas.

Opera Mediaworks memeriksa data dari ratusan kampanye iklan secara global dan miliaran tayangan, yang tersaji di platform, dan menggabungkannya dengan beberapa data pihak ketiga dari sumber eksternal untuk mendapatkan gambaran industri pemasaran aplikasi ponsel saat ini, termasuk hal-hal yang sedang populer di pasar aplikasi ponsel dan bagaimana konsumen berinteraksi dengan konten dan pesan dalam iklan.


Tentang Opera Mediaworks
Opera Mediaworks adalah salah satu platform periklanan dan pemasaran mobile terbesar di dunia, yang memiliki 1,4 miliar konsumen. Kami membantu klien dalam memberikan pengalaman inovatif dan membangkitkan emosi serta memberikan hasil nyata berupa data, teknologi dan kreativitas.

Dipercaya oleh 500 merek dan lebih dari 85% mobile publishers terlaris, kami adalah platform periklanan dan monetisasi yang mengutamakan hasil memuaskan. Dikenal berkat teknologi eksklusif kami berupa teknologi video Instant-Play HD, kinerja bisnis global dalam bidang periklanan dan SDK footprint di Top 1000 aplikasi di seluruh dunia, kami sangat bersemangat untuk membantu brand terhubung dengan konsumen sesuai permintaan untuk tayangan mereka. Sebagai anak perusahaan Opera AS, Opera Mediaworks adalah organisasi global dengan lebih dari 20 kantor di seluruh dunia.