Newsticker

AKP Rizky Adi Saputro: Kapolsek Termuda, Segudang Prestasi dan Terobosan




> Muda, energik, ramah, dan bersahabat, kalimat itulah yang pantas disematkan terhadap sosok Kapolsek termuda di jajaran Polres Bandung. Pria yang memiliki nama lengkap AKP Rizky Adi Saputro, SH, SIK, menjabat Kapolsek Paseh, Polres Bandung, Polda Jawa Barat. Saat diamanahi jabatan Kapolsek Paseh, usianya menginjak 30 tahun. AKP Rizky merupakan jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) Angkatan ke-40 Tahun 2008. Selanjutnya, pria kelahiran 3 Juni 1986 ini pada tahun 2014 melanjutkan pendidikan di PTIK Angkatan ke-67 di Jakarta dan kemudian lulus pada Maret 2016.

Perjalanan Karier
AKP Rizky Adi Saputro, SH, SIK meniti karier di dunia kepolisian mulai pada tahun 2005. Selesai mengenyam pendidikan di Akpol, perwira remaja ini langsung ditempatkan di Polda Kepulauan Bangka Belitung. Atas prestasinya, ia beberapa kali dipercaya menduduki jabatan strategis, seperti menjadi Kapolsek Merawang, jajaran Polres Bandung, dan Kasat Lantas Polres Belitung Timur.

Kapolsek termuda ini saat menduduki Jabatan Kapolsek merupakan Kapolsek termuda jajaran Polres Bandung. Namun meskipun paling muda, untuk prestasi dapat sajajar dengan para Kapolsek lainnya. Prestasinya, misalnya, baru beberapa hari menjabat Kapolsek, berhasil mengungkap, menangkap, dan menggusur pelaku kasus besar ke jeruji besi.

Misalnya saja, kasus penganiayaan dan pengeroyokan yang sudah  bertahun tahun kasusnya, namun setelah AKP Rizky Adi Saputro, SH, SIK menjadi Kapolsek, kasus tersebut terungkap. Selain itu, dampaknya masyarakat yang berada di Paseh lebih nyaman dan lebih percaya terhadap kinerja Polri.

Kasus lainnya yang pernah ditangani, berhasil mengungkap kasus penipuan dan penggelapan, yang kerugian materilnya mencapai Rp2 miliar. Selain kasus-kasus tersebut, beberapa kali Polsek Paseh dibawah pimpinan AKP Rizky Adi Saputro, SH, S.IK menggelar razia premanisme secara besar-besaran. Tidak tanggung-tanggung, puluhan preman dijaring ke Mapolsek Paseh. Sejak pertama kali digelar hingga saat ini masyarakat merasa nyaman dan tenang dengan dijaringnya preman-preman di Kecamatan Paseh.

Menjadikan Kepolisian Lebih Membumi
AKP Rizky Adi Saputro juga aktif bersilaturahmi dengan masyarakat sekitar. Tidak jarang kedatangannya ke beberapa loaksi di wilayah kerjanya disambut ramah oleh masyarakat Paseh. Inilah yang terus digaungkan Kapolsek Paseh dan jajarannya dalam rangka meningkatkan ikatan batin silaturahmi, baik dengan masyarakat ataupun dengan instansi lain seperti TNI, aparat kecamatan, aparat desa, pengelola rumah sakit, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, hingga para da'i Kamtibmas.

Ia dan da'i Kamtibmas berusaha terus menyampaikan mengenai pesan-pesan Kamtibmas dengan dasar dasar agama. Karena menurutnya, agama manapun tidak mengajarkan kekerasan ataupun memaksakan kehendak. Apalagi masih ada pemahaman agama yang masih dangkal terhadap pemahaman faham tertentu di kalangan masyarakat yang ujungnya kadang memancing timbulnya konflik horizontal. Maka, Kapolsek muda tersebut terus mendampingi para da'i Kamtibmas dalam upaya preventif demi menciptakan ketertiban, kenyamanan, dan keamanan di masyarakat .

Mengikis Stereotipe Atasan-Bawahan
Tanggapan akan kepemimpinan AKP Rziky pun datang dari rekan-rekan sejawatnya.
"Kapolsek Paseh saat ini supel dan ramah terhadap rekan kerjanya," demikian kesan dari anggota Polsek Paseh, Aiptu Ade.

Cara inilah yang memang dilakukan AKP Rizky sehingga komunikasi dirinya dan rekan kerjanya tidak ada sekat. Dengan begitu, ketika ada permasalahan secepatnya bisa diselesaikan dan tidak menghambat pada pekerjaan. Selain itu, AKP Rizky menyebutkan bahwa ia berusaha semaksimal mungkin agar tidak memperuncing kesan bawahan dan atasan dalam pekerjaan. Baginya, semua yang ada adalah rekan kerja dimana tidak ada sekat yang kaku karena posisi jabatan tersebut.

"Seorang pemimpin itu harus selalu berada di depan manakala timbul krisis dan permasalahan. Bagi saya, pemimpin itu harus mampu berpikir dan bertindak secara cepat, tepat, tegas dan kreatif dalam bertugas," pungkas pemilik akun Instagram @rizkyadisaputro ini.