Konsep Bank Sampah Raih Juara di Kompetisi Proposal Rencana Bisnis Tahun 2021 Prodi Pendidikan Masyarakat UPI





Kegiatan pengabdian masyarakat Tahun 2021 yang diketuai oleh Dosen Pendidikan Masyarakat Universitas Pendidikan Indonesia, Dr. Iip Saripah, M.Pd., mengusung tema Pendampingan Mahasiswa Wirausaha Sosial. Tema ini dikemas dalam bentuk kompetisi Proposal Rencana Bisnis Wirausaha Sosial yang diikuti oleh para mahasiswa Pendidikan Masyarakat Jenjang S1. 

Kompetisi dipilih karena lebih efektif dalam meningkatkan sikap kreatif dan inovatif mahasiswa. Melalui kompetisi, mahasiswa dapat bereksperimen dan melakukan eksplorasi ide. Ide yang dituangkan dalam proposal rencana bisnis ini, kemudian dinilai kelayakannya oleh para pakar. 

“Proposal rencana bisnis yang dibuat oleh Mahasiswa Pendidikan Masyarakat harus menyajikan masalah di bidang pendidikan dan pembangunan masyarakat. Demikian pula solusinya. Solusi yang ditawarkan harus sesuai dengan kualifikasi Mahasiswa Pendidikan Masyarakat, yaitu melalui program pelatihan dan pemberdayaan masyarakat berdasarkan pendekatan, strategi dan metode pedagogi sosial dan andragogy”,  ujar Dr. Iip Saripah, M.Pd pada tanggal 19 November 2021 melalui zoom ketika ditanyakan mengenai kriteria pemenang kompetisi. 

Dari 13 proposal yang masuk, terpilih 6 proposal terbaik. Enam proposal ini memiliki tema di bidang pengelolaan sampah, pengolahan pangan, dan pembuatan aplikasi. Penilaian dilakukan oleh internal panitia, yaitu Ketua Peneliti Dr. Iip Saripah, M.Pd., tiga orang tim peneliti, yaitu Ari Putra, M.Pd., Retno Dwi Lestari, S.Sy., M.Pd., dan Muhamad Hadi Ali Mutamam, S.Pd. Untuk menentukan pemenang, para peserta mempresentasikan proposal rencana bisnisnya melalui zoom pada tanggal 19 November 2021. 

Pemenang utama dalam kompetisi ini diraih oleh Alyssa Nurwahidah dan Nabila Rayhana Aji yang mengusung konsep bank sampah. 

“Walaupun sudah dikenal secara luas, bank sampah belum banyak diadaptasi di lingkungan masyarakat. Perencanaan kegiatan yang disusun oleh kelompok ini sangat komprehensif dan realistis, sehingga mengantarkan sebagai pemenang utama”, ujar salah satu tim penilai, Ari Putra, M.Pd.

Di posisi kedua diraih oleh Jessy Virli Yusalsyahris R dan Tsaqifa Adzillah Izzati yang menyajikan rencana bisnis di bidang pengolahan pangan keripik ikan lele. Di posisi terakhir, dengan ide dalam pemanfaatan limbah sampah, diraih oleh Alya Mahda dan Nadia Muliawati. 

Ketiga pemenang akan memperoleh apresiasi berupa uang pembinaan. Sedangkan untuk 3 proposal lainnya, panitia menyediakan hadiah hiburan berupa paket kuota internet. Berikut urutan pemenang Kompetensi Proposal Rencana Bisnis Wirausaha Sosial Tahun 2021 di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Masyarakat Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia:

1. Alyssa Nurwahidah dan Nabila Rayhana Aji: Kegiatan Wirausaha Sosial Bank Sampah Dalam Rangka Menciptakan Lingkungan Yang Bersih, Indah, dan Nyaman di Desa Cibiru Hilir (80,3 poin),

2. Jessy Virli Yusalsyahris R dan Tsaqifa Adzillah Izzati: Wirausaha Keripik Ikan Lele Berbasis Digital Marketing di Desa Karangpakuan Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang Jawa Barat (74,3 poin),

3. Alya Mahda dan Nadia Muliawati: Pemanfaatan Limbah Sampah Dalam Meningkatkan Kemampuan Entrepreneurship Masyarakat Desa Sangkuriang Dago (73,3 poin),

4. Annissa Mardina Nuraeni dan Nisa Maulidia Haq: Pemanfaatan Barang Bekas Menjadi Barang Bernilai Ekonomi di Desa Cijaya, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat (65,8 poin),

5. Guntoro Setiawan dan Fauzan AqilPemberdayaan Masyarakat Tunakarya Melalui Pelatihan Kewirusahaan Sosial dan Industri Kreatif Sebagai Upaya Membuka Peluang Usaha Baru Kelurahan Cigugur Tengah (61,3 poin), dan

6. Amelia Zahra Fauzia dan Vini Rizky Permatasari Aplikasi Organicbox Untuk Kemudahan Akses Jual Beli Sayur dan Buah Organik (46,5 poin).