Ini Daftar Lengkap Penerima Anugerah CEO SMK Tahun 2021 dari Kemendikbudristek





Kemendikbudristek menggelar Anugerah CEO SMK Tahun 2021 secara hibrida di Kompas TV, Jakarta, Senin (13/12/2020). Pada anugerah ini, 15 finalis didatangkan ke Jakarta dan sebanyak tujuh kriteria penghargaan diberikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi), Wikan Sakarinto secara langsung.

Anugerah ditujukan guna mengapresiasi kerja keras sejumlah kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang telah berhasil menjalankan konsep kepemimpinan, manajerial, kewirausahaan, dan kecakapan digital.

Terdapat tujuh kategori penghargaan yang diberikan, yaitu: CEO Terbaik SMK, Kinerja Unggul, Kewirausahaan Terbaik, Jejaring Kemitraan Terbaik, Tim Kerja Terbaik, Cakap Digital, dan CEO SMK Terfavorit. Predikat CEO SMK Terbaik jatuh kepada Wiwik Indriyani dari SMK Negeri 6 Yogyakarta. Predikat Kinerja Unggul berhasil diperoleh Indra Wahyu Suliswanto dari SMK Krian 2 Sidoarjo yang juga menyabet predikat dengan kategori Cakap Digital.

Kategori Pembangun Kewirausahaan Terbaik diraih Farida Fahmalatif dari SMK Negeri Pringapus sebagai Pembangun Kewirausahaan Terbaik, Hari Mulyono dari SMKN 2 Malang dengan Kategori Pembangun Jejaring Kemitraan Terbaik dan Nining Faridah dengan kategori pembangun Tim Kerja Terbaik. Sementara itu, Predikat SMK Terfavorit Dewan Juri diraih Kepala SMK Negeri 2 Ketapang Kalbar, Erini.

Kelima belas finalis seluruhnya mendapatkan apresiasi berupa uang pembinaan masing-masing Rp5 juta dan para pemenang kategori mendapatkan satu laptop.

Proses seleksi digelar lewat tahapan oleh perguruan tinggi dengan melibatkan pihak dunia Dunia Usaha dan Dunia Industri sebagai juri di tahap terakhir. Pertama, adalah seleksi penilaian portofolio selama peserta mengikuti pelatihan oleh Ditjen Diksi. Seleksi kedua adalah penilaian berdasarkan indikator acuan yaitu kewirausahaan, jejaring kemitraan industri, dan tim kerja. Seleksi terakhir merupakan penilaian implementasi proyek pengembangan SMK yang dinilai langsung oleh juri yang berasal dari kalangan pimpinan/CEO (DUDI).

Peserta Anugerah CEO SMK merupakan peserta program yang telah dilaksanakan Ditjen Diksi, yaitu: Peserta Program Peningkatan Kapabilitas Manajerial Berbasis Industri 2020 yang digelar Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Brawijaya, Universitas Prasetiya Mulya, dan Universitas Bina Nusantara; Peserta Program Peningkatan Kompetensi Kepemimpinan dan Kewirausahaan bagi Kepala SMK (Mini MBA) 2020 yang dilaksanakan oleh Universitas Indonesia; dan Peserta program SMK Cakap Digital dari SMK pelaksana Program SMK Pusat Keunggulan 2021.

Proses seleksi peserta hingga ke tahap final digelar perguruan tinggi pelaksana Program Peningkatan Kapabilitas Manajerial Berbasis Industri, Dyandra Academy, dan melibatkan para CEO dari Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), dan sejumlah perguruan tinggi.