Profil Pondok Pesantren Al-Abror As-Salafiyah Banjaran Majalengka





Pondok Pesantren Al-Abror As-Salafiyah Banjaran Majalengka merupakan lembaga pendidikan Islam yang telah berdiri sejak tahun 1996, berlokasi di Blok Bantrangsana RT 02 RW 04 Desa Girimulya Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Pondok pesantren Al-Abror memiliki karakteristik khusus karena selain ada proses pembelajaran (mengaji) adapula rutinitas rukyah syariah yang berbasis pembelajaran Al-Qur'an dan kitab-kitab kuning, pondok pesantren ini mengembangkan tafakur meditasi Islam, pengobatan rukyah syariah setiap malam Jumat yang dibuka untuk umum untuk berbagai keluhan atau penyakit medis maupun nonmedis, dan riyadhah pembinaan diri sekaligus penyembuhan kesehatan mental.

Rukyah syariah yang diterapkan di pondok pesantren Al-Abror yaitu dengan mengikuti aktivitas mengaji Al-Qur'an dan kitab-kitab (mengaji hati dan mengaji diri) banyak tafakur, seperti memperdalam ilmu tasawuf, tauhid dan lainnya dari mulai bada subuh, pagi, siang dan malam. 

Kegiatan mengaji di pondok pesantren Al-Abror menjadi bagian dari pengobatan yang berhubungan dengan batin/sihir, bahkan berbagai keluhan penyakit seperti susah tidur, stres/gangguan jiwa, dan ketergantungan narkotika.

Diasuh langsung oleh pendiri pondok pesantren Al-Abror yaitu Kyai H. Sirojudin beserta Ummi Hj. Oon Qoni'ah yang keduanya mendidik seluruh santri dengan sepenuh hati, dan menjadi wasilah untuk santri-santrinya memiliki bekal ilmu agama dan kesehatan mentalnya.