Longsor di Jalan Kolonel Masturi Dekat Curug Pelangi, Polres Cimahi Lakukan Rekayasa Lalin





Longsor di Jln. Kol. Masturi/Curug Pelangi (Sumber: FB Dedi Oded, Dirawani Hoeri)

Pada Sabtu, 26 Desember 2020, sekitar pukul setengah dua siang terjadi longsoran tanah di di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Longsor selebar 15 meter dengan kedalaman tebing sekitar 50 meter tepat berada di atas objek wisata Curug Pelangi (Curug Cimahi).

Longsor pun mengancam obyek wisata Curug Pelangi yang berada tepat di bawah jalan tersebut karena tanh sudah menimbun sebagian area obyek wisata. Pihak kepolisian pun langsung melakukan rekayasa arus lalulintas  yang terkena longsor. Seperti diketahui, ruas jalan yang dikenal dengan Kolmas ini merupakan jalan alternatif dari Cimahi ke lembang.

Polres Cimahi pun melakukan rekayasa lalulintas yang dilakukan yakni:

- Kendaraan dari Padalarang dan Cimahi menuju Lembang melalui Jalan Cisarua, dibelokkan ke arah Cimahi lalu masuk ke Jalan Cihanjuang.

- Kendaraan dari arah Lembang maupun Bandung yang akan melintas jalur longsor tersebut diarahkan ke Jalan Cihanjuang melalui persimpangan Universitas Advent Indonesia (UNAI).

Pihak personel Satlantas Polres Cimahi dan Dinas Perhubungan (Dishub) KBB sigap melakukan melakukan pengaturan lalulintas di jalur longsor. Hal ini karena masih banyak kendaraan yang tetap melintas karena tidak tahu telah terjadi longsoran di jalur ini. Para pengendara pun diimabu untuk hati-hati karena berpotensi longsor susulan.

Pihak kepolisian pun telah memasang rambu lalulintas seperti traffic cone dan tanda bahaya melewati jalur rawan longsor. Dan para personel akan standby mungkin sampai malam, karena banyak kendaraan yang lewat di malam hari.