PKBM Bumi Nurani Camp Ciamis: Merawat dan Mengembangkan Kearifan Lokal dan Seni Budaya Tradisional






PKBM Bumi Nurani Camp (BNC) merupakan lembaga pendidikan masyarakat yang menjadi tempat pembelajaran dan sumber informasi yang dibentuk dan dikelola oleh masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat sesuai dengan potensi setempat untuk meningkatkan pengetahuan, dan keterampilan serta karakter masyarakat sesuai dengan adat budaya yang ada di masyarakat tersebut. 

Pada prinsipnya keberadaan PKBM itu “Dari, oleh dan untuk masyarakat”. PKBM Bumi Nurani Camp (BNC) berdiri sejak tahun 20 Juli 2006, beralamat di Dusun Sukalena RT 24 RW 09 Desa Cijeungjing Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Seirng perjanannya PKBM Bumi Nurani Camp (BNC) dirasa cukup berhasil dalam mengembangkan potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam sesuai dengan potensi lokalnya. Masyarakat selalu berperan aktif pada setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh PKBM.

Masyarakat terlibat dalam kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi serta tindak lanjut yang dilakukan oleh masyarakat. Peran pemerintah juga begitu penting terhadap setiap program yang dijalankan oleh PKBM. PKBM Bumi Nurani Camp (BNC) selalu mewadahi potensi serta kebutuhan masyarakat dan menjalankan program-programnya seperti program kesetaraan, keaksaraan, pendidikan anak usia dini (PAUD), kepemudaan, kewirausahaan, taman bacaan masyarakat (TBM) dan program lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Keberadaan PKBM Bumi Nurani Camp (BNC) secara perlahan dapat merubah cara pandang masyarakat. Masyarakat menjadi lebih aktif untuk menambah pengetahuan dan memiliki keterampilan untuk menambah pendapatan serta kemandirian masyarakat dalam membantu ekonomi keluarganya.

Desa Binaan
Desa Cijeungjing, Desa Bojongmengger dan Desa Kertabumi merupakan 3 Desa yang menjadi binaan dari PKBM Bumi Nurani Camp yang terletak di Kecamatan Cijeungjing. Secara geografis tiga Desa tersebut berada di wilayah dataran tinggi dengan kekayaan alam yang cukup melimpah. Kebanyakan lahan yang ada di 3 Desa ini digunakan untuk berkebun, dan persawahan. SDA yang ada di 3 Desa ini di dominasi oleh tanaman bambu tali, pisang, singkong, ganyong dan pohon jati.

PKBM Bumi Nurani Camp (BNC) Sebagian besar mata pencaharian masyarakat yaitu sebagai petani dan buruh tani. Hal ini dikarenakan sudah menjadi sebuah kondisi yang turun temurun dari keluarga dan juga dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya arti pendidikan. Rendahnya tingkat pendidikan menyebabkan rendah pula taraf ekonomi masyarakat di 3 Desa ini.

PKBM Bumi Nurani Camp (BNC) berperan dalam memberikan informasi dan penyadaran akan pentingnya pendidikan. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan memiliki tujuan akhir agar masyarakat memiliki tambahan pengetahuan, wawasan serta memiliki kecakapan hidup agar mereka dapat meningkatkan kondisi ekonomi keluarganya.

Visi
“Campus Of Nonformal and Informal Education as A Local Genius Based Empowering Process”

Misi
1. Memandu Obyektifitas dan Subyektifitas, Yin dan Yang, Fungsi Belahan Otak Kiri dan Kanan, Ma’rifat Aqliyah dan Ma’rifat Qolbiyah, Pendekatan Burhani dan Irfani, Pedagogis dan Andragogis.
2. Mendidik Sukses Melalui Bekerja Keras, Bekerja Cerdas, dan Berdo’a serta Sabar Menghadapi Kenyataan sebagai Wujud Syukur dan Berserah Diri Kehadirat Allah SWT.

Tujuan Lembaga
- Menggali karunia yang unik dari dalam diri untuk menuju pribadi yang utuh; 
- Membuat pilihan dan melahirkan keputusan untuk menuju kemandirian/kedewasaan psikis-spiritual serta fisik-biologis;
- Menyelesaikan masalah kehidupan dengan pendekatan subyektivitas, baik melalui perluasan dan pendalaman kesadaran maupun perubahan sudut pandang atau prasangka, serta pendekatan obyektivitas dengan mempermudah obyek masalahnya; 
- Membangun relasi harmonis dalam keanekaragaman budaya, ras, etnik dan agama; dan 
- Belajar sepanjang hayat dengan memanfaatkan sumber daya pembelajar lokal dan global

Program Kegiatan
- Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)/KB Kepik
- Pendidikan Kesetaraan (Paket A/SD, Paket B/SMP, Paket C/SMA)
- Keaksaraan Fungsional
- Taman Bacaan Masyarakat (TBM)
- Pendidikan Kecakapan Hidup/KBU:
* Keterampilan pembuatan anyaman dari bambu
* Membuat boboko, keranjang, hihid (kipas), dan anyaman lainnya. 
* Pembuatan pupuk kompos
* Pembuatan kueh dan keripik dari pisang dan singkong
* Budidaya ikan gurame
* Budidaya tanaman hias dan obat 

- Penguatan kesenian tradisional Sunda:
* Degung Karawitan
* Rebana
* Angklung

Prestasi
- Juara 2 Tutor Berprestasi Tingkat Kabupaten Ciamis
- Juara 1 Lomba Bercerita Pengalaman Hidup Tingkat Kabupaten Ciamis
- PKBM Terbaik Tingkat Kabupaten Ciamis
- Juara 3 Tutor Paket C Berprestasi Apresiasi Kesetaraan Dikmas Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Barat