Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat: Maksimalkan Pembangunan Irigasi untuk Kemandirian Pangan





Senin, (28/9/2020) Anggota komisi IV DPRD Jabar yakni  H. Jajang Rohana. S.Pdi  melakukan Kunjungan Kerja Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat ke Sumber Daya Air Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung dalam rangka evaluasi anggaran tahun 2020, Kota Cirebon.

Dalam kunjungannya tersebut  Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat meminta agar saluran irigasi di wilayah sungai Cimanuk-Cisanggarung segera direnovasi. Pasalnya, untuk meningkatkan pertanian harus didukung infrastruktur yang memadai. Akan tetapi, setelah mengevaluasi anggaran refocusing beberapa waktu yang lalu, anggaran untuk perbaikan  mengalami penurunan yang cukup drastis sehingga banyaknya saluran irigasi yang kondisinya masih tidak layak. 

Jajang mengatakan, "Komisi IV berharap, pada penganggaran irigasi disisa waktu dua bulan yang ada ini bisa dimaksimalkan dengan baik. Sehingga para petani itu bisa memanfaatkan saluran air yang difasilitasi pemerintah," ujarnya.

" 200 pintu air itu harus dikelola dan di urus dengan baik. Hal ini berlaku bukan hanya di UPTD Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung. Tetapi juga untuk 6 UPTD yang memiliki kondisi yang persis dan memprihatinkan . Bukan tidak mungkin, kemandirian pangan di Jabar menurun bisa diakibatkan oleh rusaknya fasilitas irigasi bagi pertanian di Jabar. Kita tidak ingin itu terjadi. Kita dari Komisi IV DPRD Jabar sangat  mendukung kemandirian pangan daerah yang sudah menjadi kewajiban kita semua," tambahnya.