Rayakan HUT Kemerdekaan ke-75 RI, SMAN 21 Bandung Gelar Aneka Lomba Secara Virtual





agustusan sman 21 bandung

Hari Kemerdekaan yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 1945 selalu menjadi peristiwa penting bagi bangsa Indonesia. Begitupun dalam perayaan tiap tahunnya. Masyarakat Indonesia selalu menyiapkan berbagai kegiatan untuk menyambut hari bersejarah ini. Rasa nasionalisme yang bergelora dalam jiwa rakyat Indonesia dan menghargai nilai perjuangan para pahlawan nasional yang menjadi latar belakang masyarakat Indonesia untuk selalu memeriahkan hari kemerdekaan ini.

Misalnya, pada perayaan yang ke-75 tahun ini, Bank Indonesia mengeluarkan nominal uang dengan nilai Rp. 75.000.  Program-program televisi menyuguhkan acara yang menarik untuk memeriahkan hari yang bersejarah ini. Dimulai dari menayangkan peristiwa sejarah Detik-detik Proklamasi, mencari sisi lain dari sejarah orang-orang yang berjasa dalam merebut kemerdekaan, dan acara yang sifatnya menghibur seperti lomba-lomba dan acara musik yang bernuansa semangat perjuangan. Tiap tahunnya selalu menjadi ritual penting yang tidak boleh terlewatkan oleh individu yang berada di negara Indonesia.

Perayaan kemerdekaan ke- 75 di SMAN 21 Bandung
Perayaan kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia di tahun 2020 ini juga diabadikan oleh SMAN 21 Bandung. Memang ada yang berbeda dalam perayaan kemerdekaan negera tercinta kali ini. Di mana serangan virus berbahaya yaitu, virus Corona yang telah melumpuhkan beberapa sektor kehidupan. Terutama di bidang pendidikan yang di dalamnya banyak melibatkan sistem sosial dalam interaksi pembelajaran.

Sedangkan Covid 19 menyebabkan manusia untuk banyak berkegiatan di rumah dan menjaga fisik maupun jarak antara manusia satu dengan manusia yang lainnya. Maka momentum perayaan hari kemerdekaan tak bisa dirayakan seperti biasanya. Namun, perayaannya pun tak mau dilewatkan begitu saja.

Dengan mengangkat tema “Dengan Semangat Kemerdekaan, Mari Berkarya dari Rumah untuk Indonesia Maju” kegiatan yang diketuai oleh Wakasek Kesiswaan sendiri yaitu Ibu Wida Widianti, S.Pd. Gr., SMAN 21 Bandung menyelenggarakan kegiatan lomba-lomba untuk memeriahkan hari bersejarah bangsa Indonesia itu. Lomba yang dilaksanakan tidak hanya menitikberatkan pada hasil karya peserta didik, namun juga pada proses pelaksanaannya terlebih dalam kondisi Covid 19 ini satuan pendidikan berupaya keras untuk tetap mengaktifkan peserta didik walau dari rumah saja.

Aneka kegiatan lomba secara virtual
Pada akhirnya terciptalah beberapa kegiatan lomba secara virtual dengan strategi pemelilharaan dan pengembangan bahasa yang bahasa merupakan alat pemersatu bangsa.  Lomba yang diselenggarakan adalah Lomba Poster, Menulis Cerpen, Maca Sajak Sunda, dan Speech Contest. Lomba yang berhubungan dengan bahasa yang merupakan landasan kokohnya suatu bangsa menjadi pilihan satuan pendidikan dalam  memunculkan potensi peserta didik di bidang kebahasaannya.

Ada peribahasa “Bahasa adalah ciri Suatu Bangsa”, maka melalui lomba yang menggali potensi pengembangan bahasa ini, diharapkan peserta didik mampu mencintai Indonesia seutuhnya. Begitupun lomba yang menggunakan bahasa Inggris. Hal ini bertujuan agar peserta didik mampu menjawab tantangan global dalam penggunaan bahasa internasional.

Peserta didik sangat antusias dalam mengikuti kegiatan lomba ini. Mereka tidak lagi malu-malu menunjukkan potensi mereka walau dari rumah. Juri yang berhadapan dengan mereka walau hanya virtual melalui aplikasi zoom meeting merasa sangat menikmati proses penilaian atas bakat yang dimiliki oleh peserta didik.

Gelak tawa selalu hadir ketika kegiatan berlangsung. Suasana sangat cair dan penuh dengan kebersamaan. Pemenang pun diraih oleh peserta didik dari kelas X sampai XII. Itu artinya kegiatan ini mampu mengeksplorasi bakat peserta didik secara menyeluruh baik kelas X, XI, maupun XII.

Pada akhirnya di hari kemerdekaan yang ke-75 Repbulik Indonesia tahun 2020 ini, kita sama-sama belajar bahwa Covid 19 jangan menjadi belenggu bagi rakyat Indonesia dalam berkreativitas khususnya generasi bangsa. Mereka harus tetap berkarya sebagai bentuk bakti pada negeri tercintanya ini.  ** (Nurhidayah, S.Pd. / Kehumasan SMAN 21 Bandung)