Layanan Online Disdukcapil Kota Bandung Mudahkan Pengurusan Administrasi Kependudukan





layanan online disdukcapil kota bandung

Ditengah pandemi serta pembatasan sosial, warga Bandung tetap bisa mengurus dokumen adminduk secara daring. Cukup #dirumahaja, warga Kota Bandung bisa bikin Akta Kelahiran, Akta Kematian, Surat Pindah Keluar Kota Bandung, KIA dengan aplikasi Salaman; update Kartu Keluarga dengan aplikasi Pemuda; bikin SKTS dengan ePunTEN; dan layanan lainnya dengan email

Untuk dokumen Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, Surat Pindah Keluar, wargi bisa dapatkan dokumennya berupa file PDF pada menu dokumen di aplikasinya, dan wargi bisa cetak sendiri. Misalnya, Akta Kelahiran kini bisa dicetak mandiri dengan kertas putih A4 80 gram. Pengajuan Akta Kelahiran dilakukan secara daring melalui aplikasi Salaman.

Hasilnya ada pada menu dokumen. Tinggal klik yang nanti secara otomatis akan mendownload file PDF dan siap untuk diprint secara mandiri menggunakan kertas HVS A4 80 gram berwarna putih Pastikan aplikasi Salaman sudah di-update terlebih dahulu dari play store.

Dokumen-dokumen adminduk pun kini dilengkapi dengan tanda tangan elektronik (TTE) berupa QR Code yang bisa dicek keasliannya dengan aplikasi pembaca QR Code dan tidak perlu lagi dilegalisir. Adapun jika warga mengalami/mendapatkan maladministrasi kependudukan, silakan catat, rekam, foto, laporkan melalui aplikasi LAPOR!

A. UBAH DATA DOKUMEN KEPENDUDUKAN
Begini caranya:
1. Empat loket Disdukcapil
Ada empat loket Disdukcapil yang membuka pelayanan melalui surel.
a. Loket pertama adalah perbaikan atau perubahan elemen data di kartu keluarga dan menambahkan anggota keluarga di atas 7 tahun. Perbaikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) ganda dan konsolidasi data NIK yang tidak ditemukan juga bisa dilayani di loket A.  Warga bisa mengirim surel dan berkomunikasi dengan petugas dengan alamatloket.a.disdukcapilkotabdg@gmail.com.

b. Loket kedua diperuntukkan bagi layanan akta yang hilang dan akta yang rusak. Warga dapat berkirim surel ke alamatloket.d.disdukcapilkotabdg@gmail.com.

c. Untuk urusan perbaikan akta, perbaikan nama, perubahan kewarganegaraan, Akta Pengakuan Anak, Akta Pengesahan Anak, dan pengangkatan atau adopsi anak bisa dilayani di loket.e.disdukcapilkotabdg@gmail.com.

d. Urusan Akta Perkawinan, Akta Perceraian, Surat keterangan, dan pelaporan kelahiran, kematian, perkawinan, dan perceraian luar negeri dapat menghubungi petugas melaluiloket.h.disdukcapilkotabdg@gmail.com.

2. Cantumkan keperluan di subyek e-mail
Jangan lupa untuk mencantumkan keperluan Anda dalam subyek surel dan jelaskan secara rinci keperluan Anda di dalam tubuh surel.

B. LINK APLIKASI DISDUKCAPIL KOTA BANDUNG
1. Membuat Akta Kelahiran, Akta Kematian, Surat Pindah Keluar Kota Bandung, dan Kartu Identitas Anak (KIA), gunakan aplikasi Salaman UNDUH DI SINI
2. Update Kartu Keluarga (KK), gunakan aplikasi Pemuda UNDUH DI SINI
3.  Membuat SKTS (Surat Keterangan Tinggal Sementara), gunakan aplikasi e-Punten UNDUH DI SINI