Ini Prosedur MPLS dan Pembelajaran Sekolah di Kabupatan Bandung Tahun Ajaran 2020 - 2021





mpls smpn 2 pameungpeuk bandung
Kegiatan MPLS 2020 secara daring di SMPN 2 Pameungpeuk Kab. Bandung (13/07/2020)
yang disiarkan channel Youtube Henni Ratnasusanti

Mulai Senin, 13 Juli 2020, seluruh tingkatan sekolah di bawah naungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bandung memasuki Tahun Pelajaran 2020-2021. Adapun pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan melalui sistem online atau dalam jaringan (daring), maupun offline atau luar jaringan (luring) bagi peserta didik yang tidak memiliki sarana Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Hal itu termuat dalam Surat Edaran Disdik Nomor 423.5/1836-Disdik Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Awal Tahun Pelajaran 2020/2021 Pada Satuan Pendidikan Di Bawah Kewenangan Disdik Kabupaten Bandung. Berikut ini pelaksanaan pembelajaran di sekolah pada tahun ajaran 2020-2021 di Kab. Bandung sesuai yang disampaikan Kepala Disdik (Kadisdik) Kabupaten Bandung H. Juhana di Soreang, Jumat (10/7/2020).

1. Pembelajaran tatap muka menunggu regulasi
Untuk pelaksanaan pembelajaran tatap muka di sekolah-sekolah di Kab. Bandung masih menunggu regulasi dari Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bandung. Pihak Disdik Kab. Bandung sendiri memberikan kesempatan kepada para peserta didik baru melalui kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). MPLS itu sendiri, dilaksanakan secara daring dan luring sesuai ketersediaan sarana dan prasarana yang dimiliki satuan pendidikan.

2. Pembukaan MPLS online
Pembukaan MPLS diawali dengan menyaksikan sambutan dan paparan Kadisdik terkait proses pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Seluruh satuan pendidikan, mulai tingkat PAUD, SD dan SMP, wajib menyaksikan pembukaan MPLS, melalui saluran Youtube SAWARNA Kabupaten Bandung pada hari Senin tanggal 13 Juli 2020 Pukul 08.30 WIB. Kegiatan ini juga wajib diikuti seluruh koordinator wilayah bidang pendidikan, pengawas SMP dan SD serta penilik PAUD.

3. Kegiatan awal tahun pelajaran PAUD dan SD
Khusus untuk tingkat PAUD dan SD, kegiatan awal tahun pelajaran dapat dilaksanakan dengan mengundang orangtua peserta didik. Pihak sekolah dapat menyampaikan materi parenting dan Program Pembelajaran Di Rumah. Selain itu juga, memberikan pemahaman kepada orangtua peserta didik tentang covid-19, dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Jadwal pelaksanaan kegiatan awal tersebut, dibagi dalam tiga sesi, yaitu:
- Senin, 13 Juli 2020 untuk tingkat PAUD dan SD kelas 1 dan 2;
- Selasa, 14 Juli 2020 untuk tingkat SD kelas 3 dan 4;
- Rabu, 15 Juli 2020 untuk tingkat SD kelas 5 dan 6.

Adapun Materi pendukung untuk jenjang SD dapat diunduh melalui link http://gg.gg/Materi-Bimtek-Virtual-Disdik.

4. Kegiatan MPLS Kab. Bandung
Sementara kegiatan MPLS pada jenjang SMP, terangnya, diorientasikan pada penggalian potensi diri siswa baru, membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif dan mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya. Selain itu juga diorientasikan pada menumbuhkan perilaku positif untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

MPLS pada jenjang SMP bertujuan memberikan acuan bagi sekolah dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional, yaitu Bebas dari segala bentuk kekerasan terhadap anak, Ramah terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak dan Pusat pengembangan budaya dan karakter anak bangsa.

Waktu pelaksanaan MPLS pada jenjang SMP yaitu pada tanggal 13 hingga 15 Juli 2020. Sedangkan untuk materinya, dapat diunduh melalui link https://bit.ly/MPLS_2020.

Kadisdiki pun mengingatkan pihak sekolah agar tidak memberikan tugas yang tidak berhubungan dengan pembelajaran."Kami tekankan di sini, sekolah tidak memberikan tugas yang memberatkan peserta didik. Kami juga mengimbau para kepala sekolah, untuk memastikan pelaksanaan MPLS berjalan lancar dan dapat diikuti oleh seluruh peserta didik," kata Juhana.

-----------
Penulis: Humas Pemkab Bandung
Editor: Adien