Mulai Juli 2020, SPP SMA dan SMK Negeri di Jawa Barat Gratis!





spp gratis  jawa barat 2020

Kabar gembira untuk para orang tua siswa SMA, SMK dan SLB. Sekolah-sekolah inilah yang berada dalam kewenangan Provinsi.

Walau ekonomi jatuh oleh covid, namun Pemprov Jabar sesuai komitmen tetap menganggarkan 1,42 Trilyun untuk Sekolah Gratis berupa pembebasan biaya Iuran Bulan Peserta Didik (IBPD) atau dulu disebut SPP.

Untuk siswa sekolah swasta dan MA diberi bantuan walau tidak penuh. Juga siswa tidak mampu yang bersekolah di swasta akan diberi bantuan penuh.

Untuk Mahasiswa Jabar kuliah di Jabar, ada beasiswa total 50 Milyar. Silakan cek untuk detailnya ke PT masing-masing.

Semoga cerita bersejarah untuk Jawa Barat ini akan membawa lompatan bagi kemajuan masa depan Jawa Barat
Hatur Nuhun.

Itulah postingan Gubernur Jawa Barat di akun media sosialnya pada Rabu, 10 Juni 2020, terkait pembebasan Iuran Bulan Peserta Didik (IBPD) atau dulu disebut SPP untuk murid jenjang SMA/SMK negeri di Jabar serta anak kurang mampu di sekolah swasta. Pemprov Jabar memberikan bantuan berupa hibah Bantuan Pendidikan Menengah Universal (BPMU) pada SMA/SMK/SLB negeri sebesar Rp550.000/siswa/tahun.

Menurut Gubernur, anggaran yang bebas biaya itu sudah dianggarkan dan tidak berubah. Jadi di tahun ajaran 2020/2021 di SMA/SMK negeri  dan warga tidak mampu di swasta gratis. Iuran gratis itu betul dan dimulai di semester ini (Juli 2020) yakni pada tahun ajaran 2020/2021 dimana ada Covid-19 maupun tidak, rencana itu tetap ada.

Untuk besaran keseluruhan bergantung pada jumlah rombongan belajar (rombel) di sekolah Sementara, besaran dana yang diberikan pemerintah kepada tiap siswa. Pembebasan biaya tersebut hanya berlaku bagi sekolah negeri dan untuk swasta sudah ada dana Bantuan Pendidikan Menengah Universal (BPMU).

Semakin sedikit rombel di sekolah, maka besarannya akan lebih besar daripada sekolah dengan rombel yang lebih banyak. Pembebasan biaya SPP di Jabar ini menjadi bagian dari upaya pembenahan bidang pendidikan di Jawa Barat.

Hal lainnya yang akan dibenahi di sektor pendidikan di Jabar terkait pengadaan ruang kelas dan sekolah baru serta penyelesaian masalah kesejahteraan guru honorer.