4.668 Warga Kota Bandung Mendapatkan Bantuan Sosial Covid-19 dari Pemprov Jabar

share to whatsapp




bansos covid 19 bandung

Menjelang penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sebanyak 4.668 Warga Kota Bandung mulai mendapatkan bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. Bantuan sosial (Bansos) itu berupa uang tunai dan pangan senilai Rp500.000 per Kepala Keluarga yang akan diberikan setiap bulan selama 3 bulan.

Rincian banruan terdiri dari uang tunai sebesar Rp150.000 dan bantuan pangan sebesar Rp350.000 yang terdiri dari 10 kilogram beras, 1 kilogram terigu, 1 kilogram gula pasir, 2 liter minyak goreng, dan 2 kilogram telur. Bantuan diberikan tiga kali, yaitu pada bulan April, Mei, dan bulan Juni.

Penyaluran bantuan Pempov Jabar akan dilakukan oleh PT Pos Indonesia serta ojek online. Secara simbolis, bantuan diberikan oleh Gubrnur Jawa Barat, M. Ridwan Kamil di Kantor Pos Sentral Bandung, Jalan Soekarno Hatta, Minggu (19/4/2020).

Gubernur pada kesempatan itu menyampaikan bahwa distribusi bantuan tersebut dilakukan menggunakan jasa ojek berbasis aplikasi daring atau ojek online (ojol) dan pegawai Kantor Pos. "Kali ini kita lakukan pengecekan serta persiapan untuk mengantarkan bantuan ini kepada warga Bandung," bebernya.

Sedangkan Ketua Satgas Kantor SPP PT Pos Kota Bandung, Burhanudin menyampaikan, bantuan akan didistribusikan kepada 4.668 penerima manfaat.

"Ini akan distribusikan kepada penerima yang berhak. Kami akan mencacah sesuai dengan tahap sasaran. Kami kordinasi dengan camat, lurah RT dan RW untuk memeriksa apakah yang bersangkutan itu ada atau tidak sesuai dengan alamatnya," kata Burhanudin.

"Bantuannya berupa beras, terigu, gula, minyak goreng, telur, dan uang tunai," tambahnya.

Burhanudin menjelaskan, pola pendistribusian bantuan menggunakan jasa ojek berbasis aplikasi daring atau ojek online dan pegawai Kantor Pos. Para pengantar bantuan dari PT Pos berjumlah 138 orang dan dari Ojol 20 orang.

"Jadi dari Bulog, barangnya ditaruh di Kantor Pos, dari Kantor Pos dikirim oleh ojek online dan pegawai Pos, sampai ke rumah-rumah sesuai data," jelasnya.

Satu motor itu maksimal mengirimkan 3 paket bantuan. "Mudah-mudahan bantuan ini bisa diterima dan dimanfaatkan oleh warga Bandung," katanya.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Bandung, Eric M. Attauriq mengucapkan terima kasih atas bantuan yang akan disalurkan kepada warga Kota Bandung. Diakuinya, dengan kolaborasi seperti itu, bisa meringankan warga Bandung untuk kebutuhan sehari-hari.

"Alhamdulillah sebelum PSBB bantuan Pemprov Jabar sudah disalurkan," katanya.