Mau Liburan ke Pantai Batukaras Pangandaran? Ini Rute Cepatnya

Jalur alternatif baru ke Pantai Batukaras Pangandaran

Kawasan Pantai Pangandaran selalu jadi destinasi wisata favorit setiap liburan Natal dan Tahun Baru. Ribuan orang biasa tumplek di pantai yang disebut Bali ke-2 tersebut. Memang pesona Pantai Pangandaran selalu jadi magnet wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain Pantai Barat dan Pantai Timur Pangandaran, Pantai Batukaras di Cijulang pun selalu jadi lokasi wisata pilihan.

Pantai Batukaras bagi turis asing biasa jadi spot surfing favorit memang menyajikan pemandangan yang menakjubkan. Lokasi tempat wisata ini pun dekat dengan wisata Green Canyon dimana masuknya memang dari dekat aliran sungai ke Green Canyon. Selain itu, fasilitas Batukaras pun terbilang sangat lengkap. Dimana, dari parkiran nyaman, hotel, tempat bilas, penyewaan surfing, sampai tempat kuliner pun hadir di sini. Tempat wisata ini pun bisa menjadi lokasi wisata keluarga Anda.

Namun, kadang yang jadi permasalahan setiap liburan akhir tahun adalah: macet!! Maklum orang-orang yang liburan berbondong-bondong ke Pantai Pangandaran melalui jalur Tasik - Ciamis - Pangandaran. Tak jarang, pengunjung malah banyak menghabiskan waktu di perjalanan saking macetnya. Ini dari keberangkatan sampai pulang dari Pantai Pangandaran.

Jalur alternatif cepat ke Pantai Batukaras rute Bandung - Garut - Tasikmalaya - Pangandaran
Nah, kali ini seputarbandungraya.com akan memberikana informasi mengenai jalur alternatif ke Pantai Batukaras bukan melalui jalur Bandung - Tasik - Ciamis - Pangandaran. Jalur ini pernah beberapa kali tim kami jajal dan alhamdulillah perjalanan terbilang lancar dan menghemat waktu.

Perjalanan kami dimulai dari arah Bandung dengan masuk tol Padaleunyi keluar Cileunyi. Dari Cileunyi terus sampai Nagreg dan belok kanan ke arah Garut. Dari Garut Kota, ambil ke Jln. Papandayan melalui rute alternatif Garut - Tasikmalaya, yakni dari Cilawu ke Salawu di Tasikmalaya. Ikuti jalur ke Tasikmalaya dari arah Garut ini melewati Kampung Naga.

Terus saja dan patokannya, pas kawasan Sukaraja di dekat Polsek/Pasar Sukaraja ambil jalan ke kanan menuju Salopa yang melewati kawasan wisata Situ Sanghyang (Jln. Sukaraja - Mangunreja) - Jln. Cibalanarik. Awas jangan sampai bablas (lurus) ke arah Singaparna.

Memang, ada beberapa titik di jalur ini yang jalannya lumayan garinjul alias kurang mulus. Sampai di Salopa dekat Polsek Salopa belok kanan ke arah wisata kuliner Danau Lemona. Terus saja sampai arah Masjid Agung Cikatomas, Kab. Tasikmalaya.

Rehat dulu di Masjid Agung Cikatomas
Di Masjid Agung Cikatomas, kalau lelah bisa istirahat dulu, ambil uang di ATM Mandiri atau BJB, atau bisa isi bensin di SPBU Cikatomas. Nah kalau mau ke arah Pantai Batukaras, lewat jalan di sebelah SPBU Cikatomas ini (Jln. Tawang) yang melewati wisata Curug Dengdeng. Perjalanan ke arah Cimerak kurang lebih 1 jam melewati pesawahan dan rumah-rumah penduduk. Jalannya sendiri mulus karena sebagian besar sudah dicor. Jalur ini pun cocok banget bagi yang hobi touring motor.

Terus ikuti jalan yang mulus dan berbelok-belok ini. Sampailah nanti di Masjid Agung Cimerak. Sudah deh, kalau dari sini ambil kiri ke arah Cijulang menuju Green Canyon atau Pantai Batukaras. Buat yang mau melewati jalur ini disarankan pagi atau siang hari. Karena melewati perbukitan dan hutan, kalau malam hari agak riskan. Tapi, tenang di jalur ini banyak kok rumah penduduk.

Nah, dari Pantai Batukaras, Anda bisa melanjutkan perjalanan mau ke kiri Pantai Pangandaran atau sekalian langsung ke kanan ke Pantai Madasari di Cimerak. Buat jalur pulangnya pun bisa pilih lewat jalur Cikatomas - Tawang atau ke Pangandaran - Ciamis. Namun tadi, pertimbangkan kembali efek macet saat musim liburan akhir tahun. Selamat berlibur!