Disdik Kota Bandung Gelar Gebyar Pendidikan Masyarakat Pertama di Indonesia

share to whatsapp




Gebyar Pendidikan Masyarakat di Bandung

Suasana riuh nan ramai di pagi hari,Sabtu (2/11/2019) di sepanjang Jalan Ir. Soekarno Teras Cikapundung Bandung, dimana terlihat berjajar tenda berwarna putih yang merupakan stand para peserta kegiatan.

Sebanyak 40 Lembaga Kursus Pelatihan dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) sajikan hasil karya pelatihan. Organisasi mitra serta 1.000 orang penerima bantuan pelatihan ikut pula meramaikan kegiatan yang bertajuk Gebyar Pendidikan Masyarakat Tahun 2019 di Kota Bandung. Kegiatan ini mengambil tema "Melalui Pendidikan Masyarakat Kita Tingkatkan Kompetensi Menjadi Wirausaha Yang Unggul Untuk Mencapai Bandung Yang Unggul, Nyaman, Sejahtera Dan Agamis".

Kegiatan yang digagas oleh seksi Pendidikan Masyarakat bidang PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Kota Bandung kali ini dihadiri langsung oleh Dirjen PAUD DIKMAS Kemendikbud RI, Haris Iskandar, Kasubdit Kurikulum PAUD dan Dikmas Kemdikbud RI, Kurniati R, Kepala Pusat PP PAUD dan Dikmas Jawa Barat, Bambang Winarji. Hadir Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Bandung, Priana Wirasaputra, mewakili Walikota Bandung membuka gebyar Pendidikan Masyarakat. Didsmpingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Hikmat Ginanjar, Kepala Bidang PP PAUD dan DIKMAS Abdul Gaos, Kasi Dikmas, Cucu Halimah, beserta Jajaran.

Dirjen PAUD DIKMAS Kemendikbud, Haris Iskandar menyatakan apresiasi yang sebesar besarnya serta dengan senang hati untuk lebih bersinergi dengan Pemerintah Daerah Kota Bandung dalam memajukan Pendidikan Non Formal khususnya Lembaga Kursus dan PKBM sehingga apa yang di ciptakan oleh Wali Kota Bandung dan Kadisdik menjadikan Bandung ini kota yang kreatif bisa terlaksana dengan baik.

“Kita memasuki kabinet baru, Menteri baru Menteri Millenial yang akan memberikan jawaban apa yang selama ini kita harapkan”. Tutur Haris Iskandar.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Hikmat Ginanjar, dalam laporannya mengutarakan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan ini salah satunya adalah dalam rangka mempromosikan dan mengembangkan informasi pendidikan masyarakat, organisasi mitra, asosiasi profesi, serta sosialisasi kebijakan program pembinaan kursus dan pelatihan dari berbagai jenis kursus.

Lebih lanjut kadisdik mengatakan kegiatan dilakukan dalam bentuk pameran pendidikan masyarakat, devile rumpun kursus peserta program BOP kursus dan PKBM, pemberian penghargaan bagi lembaga dan peserta didik, lomba-lomba, kursus kilat gratis, talkshow, serta hiburan pentas seni.

Hikmat berharap dilaksanakannya kegiatan ini dapat terciptanya wirausaha baru di Kota Bandung, dan meningkatnya angka rata-rata lama sekolah di Kota Bandung menjadi 12 Tahun, serta tersosialisasinya program kerja Dinas Pendidikan Kota Bandung dalam rangka meningkatkan kualitas dan hubungan kemitraan dengan lembaga dan dunia usaha pendidikan Non Formal (Lembaga LKP dan PKBM yang ada di Kota Bandung). (Humas Disdik Kota Bandung)