Mau Daftar Seleksi CPNS 2019? Kenali dan Siapkan Hal-Hal Penting Berikut

share to whatsapp




Info CPNS 2019

Rekrutmen calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2019 akan dibuka bulan depan. Bagi Anda yang tertarik buat mendaftar seleksi CPNS 2019, informasi berikut semoga bermanfaat:

1. Situs resmi pendaftaran CPNS 2019
Pendaftaran seleksi CPNS 2019 melalui portal SSCASN atau Sistem Seleksi Calon ASN. Pendaftaran secara online akan dilakukan melalui laman resmi https://sscasn.bkn.go.id pada tanggal 11 November 2019. Sesuai kebiasaan, dipastikaan saat waktunya pendaftaran bisa saja jalur ke situs ini akan sibuk. Siapkan jaringan internet yang diandalkan dan pilih waktu buka situs ketika pengakses situs rada sepi. Jangan sampai ada gangguan saat daftar atau mengunggah dokumen karena akses internet yang lelet.

2. Cara mendaftar seleksi CPNS 2019
1 orang pelamar hanya dapat melamar pada satu formasi di satu instansi. Bidik lowongan yang benar-benar sesuai dengan bidang/jurusan juga persyaratan yang cocok dengan latar belakang pendidikan Anda.

3. Siapkan dokumen kelengkapan
Sejumlah dokumen wajib disiapkan peserta, di mana nantinya akan diunggah ke portal SSCASN. Dokumen tersebut antara lain;
- scan KTP asli
- foto
- swafoto (selfie)
- ijazah
- transkrip nilai asli
- dan beberapa dokumen pendukung lain yang disyaratkan oleh instansi.

Tips: siapkan folder khusus di komputer/laptop buat menyimpan dokumen-dokumen tersebut. Bisa juga dengan menyimpannya secara online misal di Google Drive atau penyimpanan online lainnya yang keamanan dan kerahasiaan dokumen sangat terjaga. Ini akan mempemudah saat nanti butuh dokumen mendadak, tinggal download atau cetak, bisa lewat laptop atau smartphone sekalipun.

3. Pengumuman resmi dari instansi
Instansi yang membuka formasi CPNS 2019 dapat melakukan pengumuman resmi di situs web dan media sosial masing-masing. Untuk itu, siap-siap dari sekarang untuk memantaunya di situs resminya maupun medsos lembaga, jangan sampai telat informasi alias kurang update.

4. Pahami tata cara pendaftaran seleksi CPNS 2019
Ketika pendaftaran online dibuka, masyarakat dapat terlebih dahulu membaca dan memahami segala ketentuan pendaftaran yang ada dalam portal SSCASN. Jika ditemukan kesulitan, pelamar dapat mempelajari informasi yang tertuang pada kanal Frequently Asked Question (FAQ) yang menyediakan jawaban atas persoalan yang umumnya menjadi kendala pelamar

Apabila FAQ tidak dapat memberikan jawaban atas persoalan pendaftaran, BKN menyediakan kanal helpdesk daring dalam portal yang dapat dijadikan sebagai media pengaduan. Dalam kanal tersebut akan tertuang sejumlah tahapan pengaduan yang dapat dilakukan pelamar untuk kemudian disampaikan solusinya oleh petugas helpdesk daring.

Mulai tanggal 11 November 2019, BKN juga membuka layanan helpdesk luring (offline) di Kantor Pusat BKN, Jalan Mayjend Sutoyo No. 12 Jakarta Timur dan Kantor Regional BKN yang akan memberikan solusi jika kendala pelamar tidak terselesaikan melalui penjelasan FAQ dan helpdesk online.

5. Formasi lowongan CPNS 2019
Pengumuman resmi pembukaan rekrutmen CPNS telah disampaikan melalui surat bernomor B/1069/M.SM.01.00/2019 tentang Informasi Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Pusat dan Daerah yang ditandatangani Menteri PANRB Tjahjo Kumolo.

Penting diketahui, pemerintah tidak membuka formasi tenaga administrasi di tahun ini, karena jumlahnya sudah hampir separuh dari total di Indonesia. Pemerintah akan membuka 197.111 formasi dengan rincian
- Instansi pusat sebanyak 37.854 formasi pada 68 kementerian/lembaga
- Instansi daerah 159.257 formasi pada 462 pemerintah daerah.

Formasi lengkapnya bisa dilihat/download DI SINI

6. Jenis formasi dan jabatan yang dibuka
Terdapatdua jenis formasi yang dibuka pada CPNS tahun 2019 ini, yaitu
- Formasi umum
- Formasi khusus, meliputi cumlaude, diaspora, dan disabilitas pada Instansi Pusat dan Daerah, serta formasi khusus putra-putri Papua, dan formasi lainnya yang bersifat strategis pada Instansi Pusat.

Sedangkan formasi jabatan yang dibuka adalah tenaga pendidikan, kesehatan, dosen, teknis fungsional, dan teknis lainnya.

;