Telkom University Choir Borong Ragam Penghargaan di 7th Satya Dharma Gita Choir Festival 2019





Telkom University Choir

Telkom University Choir kembali meraih prestasi membanggakan dalam kompetisi paduan suara internasional bertajuk 7th Satya Dharma Gita Choir Festival 2019,  Semarang yang diselenggarakan pada tanggal 27 – 31 Agustus 2019.

Kompetisi kali ini diikuti oleh 45 paduan suara dari berbagai penjuru Indonesia dan juga didatangi oleh 15 juri dan pakar paduan suara tingkat dunia. Telkom University Choir dan mengikuti 3 kategori perlombaan pada 7th Satya Dharma Gita Choir Festival 2019 yaitu Mixed Choir, Music of Religions serta Folksong .

Pada kategori Mixed Choir yang diselenggarakan pada tanggal 29 Agustus 2019 dan bertempat di Radjawali Semarang Cultural Center Building, Telkom University Choir membawakan Exultate Deo karya Giovanni Pierluigi da Palestrina, compulsory song yang berjudul Hening karya Agastya Rama Listya dan Hentakan Jiwa karya Ken Steven. Sedangkan pada kategori Music of Religions yang diadakan pada hari yang sama, Telkom University Choir membawakan lagu Ave Maria karya Ming-Chieh Lin, Asmaul Husna karya Amillio Fahlevi serta Daniel, Servant of the Lord aransemen Stacey V. Gibbs.

Pada kategori Folksong yang diadakan pada tanggal 1 September 2019, tim ini juga membawakan 3 lagu daerah yang berasal dari Indonesia dan Latvia yaitu Atsalums (Latvia) karya Jēkabs Jančevskis, Percomah (Sunda) karya Koko Koswara, serta Janger (Bali) yang diaransemen oleh Avip Priatna dan Agustinus Bambang Jusana.

Dalam kompetisi 7th Satya Dharma Gita Choir Festival 2019 ini, Telkom University Choir berhasil meraih 3 Gold Medal di setiap kategori yang diikuti. Telkom University Choir juga sukses menjadi juara pertama pada kategori Folksong serta mendapatkan predikat Category Champion dengan nilai 87,04.

Dengan kemenangan tersebut, Telkom University Choir berkesempatan menjadi salah satu Grand Champion Finalists dari 9 paduan suara yang lolos, yaitu PSM ITB, Cantabile Chorale, Viva Brio Choir, Espero Choir, Lentera Kasih, Bosko Voice, Harmony Santo Yusup, dan 78 Youth Choir. Babak Grand Champion tersebut diselenggarakan di Radjawali Semarang Cultural Center pada tanggal 31 Agustus 2019. Dari 9 paduan suara, Telkom University Choir berhasil menjadi 2nd Winner of Grand Champion.

Tidak hanya itu, Ryan Farrel Idiarto, selaku anggota Telkom University Choir juga mendapatkan perhargaan pada Choral Composition Competition dan berhasil membawa pulang 2 Silver Medal. Ia mendapatkan Silver A Medal pada kategori Secular Music dengan lagu As the Abandoned dan Silver B Medal pada kategori Sacred Music dengan lagu Laudate Dominum (Psalm 117: 1-2) yang digarapnya.

Berikut rincian medali dan sertifikat kejuaraan yang diraih Telkom University Choir pada 7th Satya Dharma Gita Choir Festival 2019:
– Gold A Medal and Category Winner Folksong
– Gold A Medal of Music of Religions Category
– Gold A Medal of Mixed Choir Category
– 2nd Winner of Grand Champion of 7th Satya Dharma Gita Choir Festival 2019
– Silver A Medal of Secular Music Category – As the Abandoned composed by Ryan Farrel
– Silver B Medal of Sacred Music Category – Laudate Dominum (Psalm 117: 1-2) composed by Ryan Farrel

“Kami bersyukur atas pencapaian yang kami raih pada kompetisi ini. Pencapaian ini dapat menjadi semangat baru bagi kami dalam menghadapi kompetisi mendatang. Semoga Telkom University Choir dapat terus berkembang dan membanggakan institusi dan negara,” ujar Avenuto Detantra selaku ketua tim keberangkatan, Shankara Reswara 2019.

--------

Baca info-info seputarbandungraya.com lainnya di GOOGLE NEWS