Siswa SMKN 1 Katapang Punya Inovasi Alat Sensor Berkendara

share to whatsapp




Rapi Anwar Basari SMKN 1 Katapang

Rapi Anwar Basari, anggota komunitas Pelajar Pelopor Keselamatan Jalan (PPKJ) Kabupaten Bandung, menyabet Juara II Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Transportasi Darat Tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) Tahun 2019.

Rapi bersaing dengan 27 pelajar lainnya dari kabupaten/kota di Jabar, dalam event yang diselenggarakan pada tanggal 18-22 Agustus 2019 di Hotel Horison Sukabumi tersebut. Siswa SMKN 1 Katapang itu mempresentasikan sebuah inovasi alat sensor berkendara, melalui Karya Tulis Ilmiah (KTI) nya yang berjudul Alat Disiplin Berkendara (ADIRA).

“Alat sensor ini membuat sepeda motor tidak bisa menyala, jika pengendaranya tidak menggunakan helm dan tidak menempelkan SIM (Surat Izin Mengemudi). Alhamdulillah, presentasi dan uji produk berjalan dengan lancar, sehingga saya bisa meyakinkan dewan juri bahwa alat ini dapat berfungsi dengan baik,” tutur Rapi saat dikonfirmasi di Soreang, Jum’at (23/8/2019).

Sebelumnya KTI siswa Kelas XII jurusan Teknik Mekanik Elektronika (Mektronika) ini, berhasil merebut Juara I pada pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas Angkutan Jalan (PPKLLAJ) Tingkat Kabupaten Bandung Tahun 2019, yang diselenggarakan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung. Sedangkan rekannya Tiara Nuraeni, yang juga lolos ke tingkat Jabar, merebut Juara II dengan inovasi bantal anti kantuk.

Kepala Dishub (Kadishub) Kabupaten Bandung H. Zeis Zultaqawa, S.STP, M.Si. mengatakan, Rapi bersama dengan Tiara dari SMKN 1 Soreang mewakili Kabupaten Bandung melalui proses seleksi yang cukup panjang.

“Setelah kami umumkan pendaftaran PPKLLAJ Tingkat Kabupaten Bandung, sebanyak 83 pelajar dari seluruh sekolah mendaftarkan diri dengan mengajukan proposal KTI. Dari 83 KTI, terpilih 20 KTI dengan inovasi dan pemaparan terbaik,” terang Kadishub didampingi Kepala Bidang Pembinaan Keselamatan Agus Herri Setiawan, ATD, MM dan Kepala Seksi Angkutan Orang Berbasis Jalan, Eric Alam Prabowo, S.Sos, MM.

Melalui seleksi yang cukup ketat terhadap 20 peserta terbaik, Rapi berhasil merebut juara 1 dan bersama Tiara maju ke tingkat Jabar. “Perjuangan dan keberhasilan Rapi merupakan suatu kebanggaan bagi kami, dan semoga menjadi pemicu semangat bagi anggota komunitas PPKJ lainnya,” tutur Zeis Zultaqawa.

Zeis juga menyebut keberhasilan Rapi merupakan kerjasama yang dilakukan jajarannya bersama seluruh elemen PPKJ. Secara khusus ia pun mengingatkan kepada Rapi, bahwa perjuangan belum selesai.

“Saya harap Rapi tidak larut dalam euforia, karena tahap selanjutnya adalah berjuang di tingkat nasional. Kami akan berikan dukungan penuh, termasuk hal-hal yang menjadi evaluasi dari dewan juri untuk pengembangan produk inovatif ini. Kami mohon dukungan do’a kepada seluruh masyarakat, karena apa yang dilakukan Rapi akan mengharumkan nama Kabupaten Bandung,” tambah Kadishub. (Humas Pemkab Bandung)