Program Book Share FTBM Jawa Barat, Membangun Budaya Literasi

share to whatsapp




Googling Gutenberg Atep Kurnia

Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Jawa Barat hari Rabu 24 Juli 2019, memulai kembali program Book Share pukul 21.00-23.00 WIB. Book Share merupakan program berbagi cerita atau membedah kembali buku yang telah dibaca,untuk kemudian dipahami dan menjadi bahan diskusi di group WhatsApp FTBM Jawa Barat. Book Share kali ini dibuka oleh Aam Siti Aminah, serta dimoderatori oleh Heri Maja Kelana⁩, Notulen oleh Ipul⁩ dan Rohman.

Book Share kali ini mengenai buku dengan judul "Googling Gutenberg" yang diceritakan langsung oleh penulisnya yaitu Atep Kurnia⁩.

Googling Gutenberg 
Berdasarkan pengantar yang ditulis oleh moderator Buku Googling Gutenberg (2019) menghimpun 34 tulisan lepas yang pernah dan belum pernah diumumkan pada koran dan majalah. Susunan bukunya didasarkan pada perkembangan awal literasi sebagaimana yang dapat ditemukan dan dibaca pada penulisan naskah Sunda kuno.

Sehabis itu, baru memasuki tradisi cetak yang terutama mewujud pada bentuk buku cetak. Dalam hal ini, ada beberapa tulisan yang membahas pelbagai implikasi dari tradisi cetak tersebut pada perkembangan kognisi sekaligus intuisi manusia. Tulisan kemudian bergerak ke arah peralihan literasi, yakni ke arah kelisanan kedua. Di sini pun Atep membicarakan ihwal transisi dan dilema tradisi cetak yang berhadapan dengan kelisanan kedua, serta perkembangan tradisi kelisanan itu sendiri.

Tulisan-tulisan selanjutnya berkaitan dengan media sosial yang marak digunakan di dunia, termasuk di Indonesia. Atep membicarakan beberapa contoh kasus penggunaan media sosial berikut implikasinya. Beberapa tulisan di penghujung buku berupa berbagai fenomena kelisanan kedua yang ia temukan dalam kasus kebudayaan Sunda, termasuk di dalamnya perkembangan literasi Sunda yang dipengaruhi oleh kehadiran internet.

Aktivitas gemar membaca buku
Book Share melalui group WhatsApp FTBM Jabar ini berjalan lancar dan semakin interaktif karena Ketua FTBM Jawa Barat Nero Taopik Abdillah turut menyemangati dan menghimbau agar seluruh pengelola TBM benar-benar menjadi contoh nyata dalam aktivitas gemar membaca buku.

Seiring berkembangan zaman dalam diskusi Book Share kali ini pun membahas mengenai gadget dan kaitannya dengan literasi, oleh karena itu Atep Kurnia menyampaikan bahwa "ihwal gadget dan keberaksaraan (literasi). Atep menganggap bahwa literasi dalam gadget (baca: e-book dsb) merupakan satu opsi saja dari perkembangan budaya literasi. Menurutnya, itu bisa dikatakan sebagai pengayaan saja. Tidak bisa dijadikan sandaran untuk pembelajaran yang mendalam." Diskusi terus berlanjut dan akan bersambung pada program Book Share berikutnya.


share to whatsapp