Ekspedisi Nusantara Jaya Politeknik Negeri Bandung 2019 di Pulau Sumedang, Belitung

share to whatsapp




Ekspedisi Nusantara Jaya 2019 Polban Bandung

Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) adalah salah satu program yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Kemaritiman, bekerja sama dengan perguruan tinggi terpilih dari seluruh Indonesia. Kegiatan ini berupa program pengabdian di pulau yang termasuk kategori Pulau 3T (Terluar, Terpencil, Tertinggal).

Polban merupakan salah satu dari perguruan tinggi terpilih untuk mengikuti kegiatan ENJ. Polban pertama kali mengikuti ENJ pada tahun 2017 dengan memberangkatkan 25 ekspeditor ke Pulau Sebesi, Lampung. Pada tahun selanjutnya, Polban mengirimkan 45 ekspeditor ke Pulau Nyamuk, Karimun Jawa. Dan untuk tahun ini, Polban kembali memberangkatkan 25 ekspeditor ke Pulau Sumedang, Belitung.

Pulau Sumedang terletak di Selat Karimata dan diapit oleh Pulau Bangka dan Belitung. Pulau ini memiliki luas sekitar seukuran Kampus Polban. Pulau tersebut dihuni oleh 157 kepala keluarga. Pulau ini sangat terpencil, bahkan untuk membeli air minum harus menyeberang ke pulau yang lebih besar, karena hanya terdapat satu sumber mata air yang dapat diminum. Suplai listrik di Pulau Sumedang sangat terbatas, hanya tersedia listrik dari pukul 5 sore sampai 5 pagi.

Program yang diselenggarakan oleh Tim ENJ Polban 2019 meliputi bidang teknostruktur, sosial lingkungan, pendidikan, ekonomi kreatif, dan kesehatan. Beberapa program yang diselenggarakan diantaranya adalah menanam pohon mangrove di sepanjang pantai Pulau Sumedang, susur pantai, mengajar anak SD, cek kesehatan gratis, Pulau Sumedang menyikat gigi, hidroponik, penyediaan tempat pembuangan akhir, dan pembuatan VCO.

Dengan adanya kegiatan ENJ ini, diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan rasa cinta tanah air dan merasakan bagaimana kehidupan masyarakat di daerah terpencil. Selain itu, manfaat dari kegiatan ini dapat dirasakan oleh masyarakat penduduk pulau 3T. Dengan bertukar budaya, sehingga masyarakat lebih terbuka terhadap dunia luar. ENJ Polban 2019 akan diselenggarakan pada 19 Juli - 19 Agustus 2019 bertempat di Pulau Sumedang, Kecamatan Mambalong, Kabupaten Belitung.

Polban pun memberikan kesempatan kepada yang ingin berkontribusi untuk menyukseskan kegiatan ENJ POLBAN 2019 di Pulau Sumedang, Belitung dengan cara menyumbang uang nomor rekening berikut: 1549-01-017999-50-0 a.n Teris Siraj Ernawan (BRI), contact person : 0838 6366 2567 (Teris Siraj).


share to whatsapp