Seminar Online, Alternatif Diskusi Tips Menulis di Era Kekinian

share to whatsapp




Seminar cara menulis online

Senin, 17 Juni 2019 berlangsung seminar online dengan tema "Produktif dalam Berkarya Lewat Menulis" kegiatan ini diselenggarakan oleh TERMINAL (Terima Layanan Jurnal) dengan panitia yang merupakan mahasiswa dan mahasiswi Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Sains Informasi angkatan 2016 Universitas Pendidikan Indonesia.

Seminar online ini merupakan kegiatan pematerian yang dilakukan secara daring (online). Dalam kegiatan seminar online kali ini pelaksanaannya melalui grup Whatsapp dari mulai pukul 19.00 WIB sampai dengan pukul 21.40 WIB Pemateri pada kegiatan ini yaitu Anita Yulia perwakilan dari media seputarbandungraya.com dan juga Muhammad Rafi Anggara selaku mahasiswa berprestasi Universitas Pendidikan Indonesia yang memiliki banyak pengalaman dan juga prestasi.

Produktif dalam menulis
Pematerian pertama dibuka oleh Muhammad Rafi Anggara yang membahas mengenai "Produktif dalam Menulis". Mahasiswa jurusan Teknik Elektro yang biasa disapa Rafi ini memulai sesi dengan pertanyaan ‘kenapa kita harus menulis?’ dan ‘apa motivasi kita menulis?’ dilanjutkan dengan pemaparan mengenai definisi menulis, jenis-jenis tulisan (Ilmiah dan Non Ilmiah) dan perbedaannya berdasarkan jenis, metodologi, bahasa, penguraian, fungsi, dan juga sumber.

Kemudian Rafi juga membahas mengenai karakteristik karya tulis ilmiah dan yang membedakannya dengan tulisan non-ilmiah,  jenis-jenis karya tulis ilmiah, kesalahan-kesalahan dalam menulis, hal yang harus dihindari dalam menulis dan sebagainya. Rafi juga menyebutkan manfaat-manfaat yang dapat kita peroleh dari menulis seperti mendapatkan beasiswa, PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) yang berhasil didanai, juara lomba menulis dan sebagainya. Pematerian diakhiri dengan quote-quote penambah motivasi untuk menulis.

Menulis berita
Sesi kedua yakni pematerian oleh Anita Yulia yang membahas tentang "Kepenulisan Berita" yang memulai pematerian dengan pemberian materi mengenai unsur berita, nilai berita dan jenis berita. Beliau memaparkan jika berita adalah suatu informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi atau laporan peristiwa terbaru.

Unsur-unsur berita tentunya harus mengandung 5W+1H. Keenam unsur ini dinilai saling terkait dan saling menguatkan dalam penulisan sebuah berita. Untuk jenis-jenis berita sendiri beliau memaparkan ada 7 jenis yaitu Straight News, Opinion News, Interpretative News, Explanatory News, Deph/Indeph News, Investigative News, dan Comprehensive News.

Anita juga memaparkan jika saat ini dikenal istilah jurnalisme warga atau citizen journalism dimana adanya aktivitas jurnalistik  yang dilakukan oleh warga biasa. Hal ini menyebabkan pada saat ini setiap orang dapat membuat sebuah berita atau ikut menyebarkan informasi secara lebih cepat.

Kemudian dipaparkan pula mengenai berita untuk karya tulis ilmiah yang membahas mengenai bagaimana kebijakan seorang penulis ketika harus menuliskan sebuah berita. Apa yang ditulis harus memenuhi kriteria dan kode etik yang ada. Anita berharap artikel-artikel yang ditulisnya dapat menjadi artikel yang informatif, edukatif dan juga inspiratif.

Kemudian sesi pematerian pun ditutup dengan sesi tanya jawab yang diajukan oleh peserta seminar, dan setelah itu berakhirlah seminar online Profuktif dalam Berkarya Lewat Menulis ini.

Menulis merupakan hal yang tidak terlepas dalam kegiatan sehari-hari kita. Menulis akan memunculkan suatu pemikiran atau karya baru yang dapat menjadi sumber informasi bagi orang lain. Oleh karena itu, mari menulis untuk menunjukkan pemikiran-pemikiran cerdas kita pada dunia sehingga kita dapat saling berbagi informasi baru. (Mahda)


share to whatsapp