27 Pasang Remaja Ikuti Pemilihan Duta GenRe Jawa Barat 2019





Pemenang Duta Genre Jawa Barat 2019

Grand final pemilihan Duta GenRe Jabar 2019 dihelat di El Hotel Royale Bandung, Rabu (26/06/19) malam. Kegiatan ini dibuka langsung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi Bunda GenRe Atalia Kamil. Pemilihan Duta GenRe merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Barat.

Menurut Ridwan Kamil, remaja saat ini harus kompetitif dan produktif dengan cara menggeser paradigma mereka dari hal negatif antara lain menjauhi narkoba, menghindari pernikahan dini dan menjauhi seks pra nikah.

"Caranya yang paling pas adalah dinasihati oleh teman sebayanya, nah duta GenRe itu adalah cara Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) didukung Pemda Provinsi Jabar untuk mengajak nilai-nilai positif yang didorong oleh generasinya," ujar Ridwan Kamil saat membuka dan memberikan motivasi pada malam

Peserta yang mengikuti pemilihan Duta GenRe Jabar ini berjumlah 27 pasang remaja yang mewakili Kabupaten dan Kota. Selama dua hari mereka telah mendapatkan pembekalan dari berbagai narasumber salah satunya Bunda GenRe Jabar Atalia Praratya. Dalam grand final kali ini para duta GenRe menyampaikan visi misinya dan unjuk kreativitas dihadapan para juri. Pemenangnya akan mewakili Jabar pada pemilihan duta GenRe Indonesia bulan September 2019 mendatang.

Saat ini Jabar memiliki 3.200 Tempat Informasi dan Konseling (TIK) remaja yang tersebar di sekolah, perguruan tinggi dan di lingkungan masyarakat. TIK merupakan tempat curhatnya para remaja kepada duta GenRe tentang kehidupan atau tumbuh kembangnya sebagai remaja.

Di tempat yang sama, Direktur Bina Ketahanan Remaja BKKBN pusat, Eka Sulistya Edi Ningsih, mengungkapkan, hasil survey demografi dan kesehatan Indonesia tahun 2017 menunjukkan bahwa kelompok sebaya dan orang tua terutama ibu menjadi tempat yang paling banyak dipilih oleh remaja untuk berdiskusi tentang kehidupannya. Ini membuktikan bahwa remaja membutuhkan peran teman sebaya untuk berbagi informasi yang terkait dengan tumbuh kembangnya sebagai remaja.

Lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa, kegiatan pemilihan Duta GenRe pada dasarnya adalah sebuah upaya untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan pemberian akses informasi, pendidikan dan konseling kesehatan reproduksi dan perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja oleh pendidik dan konseler sebaya.

Inilah pemenang Duta GenRe Jawa Barat 2019:
Juara 1 Putri: Kota Depok
Juara 2 Putri: Kota Bandung
Juara 3 Putri Kota Bogor

Juara 1 Putra: Kabupaten Kuningan
Juara 2 Putra: Kota Bandung
Juara 3 Putra: Kab. Karawang

--------

Baca info-info seputarbandungraya.com lainnya di GOOGLE NEWS