Tim OGN Dikmensus Jabar Raih 2 Emas dan 3 Perunggu

share to whatsapp




Guru Jabar Pemenang OGN 2019

Tim Olimpiade Guru Nasional Provinsi Jawa Barat jenjang Pendidikan Menengah dan Khusus (Dikmensus) berhasil meraih 2 medali emas dan 3 medali perunggu dalam perhelatan Olimpiade Guru Nasional (OGN) tingkat nasional yang diselenggarakan pada Senin – Jumat, 29 April s.d. 3 Mei 2019 di Hotel Atlet Century Park, Jakarta Pusat. OGN tingkat nasional kali ini diikuti oleh 135 peserta dari 9 mata pelajaran yang dilombakan.

Peserta yang lolos ke tingkat nasional merupakan 15 terbaik dari setiap mata pelajaran yang dipilih berdasarkan hasil tes daring yang diikuti kurang lebih 1.800 peserta dari seluruh Indonesia. Adapun mata pelajaran yang dilombakan pada tahun 2019 ini adalah matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris,fisika, biologi, ekonomi, sosiologi, bahasa Jepang, dan program kebutuhan khusus.

15 guru finalis OGN tingkat nasional
Berdasarkan hasil seleksi tes daring melalui laman https://kesharlindung.pgdikmen.kemdikbud.go.id, sebanyak 15 guru SMA/ SMK dari Jawa Barat berhasil lolos sebagai finalis OGN tingkat nasional. Para guru tersebut akan berkompetisi mengerahkan kemampuannya dalam ajang bergengsi tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Prov. Jawa Barat, Dewi Sartika, merespons sangat baik dengan memfasilitasi pemberian pembelakan kepada para finalis. Dalam acara pelepasan kontingen di Hotel Takhasimaya, Lembang, Kadisdik berpesan agar para finalis memberikan kemampuan terbaik selama mengikuti tahapan penilian di tingkat nasional.

Selama berada di Jakarta, para finalis harus mengikuti serangkaian tahapan penilaian yang meliputi tes daring wawasan kependidikan (pedagogik), tes praktik, workshop terstruktur membuat perangkat pembelajaran, presentasi hasil workshop berupa peerteaching, penilaian terhadap karya tulis yang telah dipublikasikan, dan gagasan ilmiah yang sebelumnya telah dituangkan dalam karya tulis ilmiah.

“Bagi saya, menjadi salah satu finalis OGN merupakan pengalaman berharga bagi peningkatan kemampuan diri. Dalam OGN, kita benar-benar diuji pemahaman, pengetahuan, pengalaman, keterampilan, dan kreativitas sebagai guru,” ujar Ismail Kusmayadi, salah satu finalis mapel Bahasa Indonesia dari SMAN 1 Banjaran.

Raih 2 emas dan 3 perunggu
Setelah mengikuti tahapan penilaian, para pemenang diumumkan tepat setelah pelaksanaan upacara Hardiknas yang dilaksanakan di halaman Gedung Kemdikbud. Tim OGN Prov. Jawa Barat berhasil meraih 2 emas dan 3 perunggu, yakni
- Ismail Kusmayadi, S.Pd. (Pemenang 1 mapel bahasa Indonesia - SMAN 1 Banjaran),
- Cece Sutia, M.Pd. (Pemenang 1 mapel Biologi - SMAN 1 Parongpong),
- Rina Karwatisari, S.Si. (Pemenang 3 mapel Biologi - SMAN Cimanggung),
- Kusnandar (Pemenang 3 mapel Matematika - SMAN 4 Bogor), dan
- Usep Harya Dirahmawan (Pemenang 3 mapel Sosiologi - SMAN 3 Cirebon).

Raihan prestasi ini patut mendapatkan apresiasi dan dijadikan motivasi bagi guru lainnya untuk mampu berkompetisi di ajang Olimpiade Guru Nasional tahun depan.

----
Berita lainnya seputar SMAN 1 Banjaran LIHAT DI SINI

;