Nike Kamarubiani, Mengembangkan Budaya Literasi Melalui Mobil Pintar

share to whatsapp




Nike Kamarubiani Mobil Pintar
Literasi bukan hanya sekadar kemampuan seseorang untuk bisa menulis dan membaca tetapi mencangkup kemampuan berpikir menggunakan sumber sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, maupun auditori.

Menurut salah satu Dosen Prodi Pendidikan Masyarakat, sekaligus Penanggung jawab Mobil Pintar (MoPi) ECO Bambu Cipaku Nike Kamarubiani mengungkapkan bahwa, “Pemahaman masyarakat tentang keberadaan perpustakaan sebagai salah satu akses mendapatkan informasi merupakan celah bagi kita penggiat literasi untuk bisa masuk kedalam lingkungan mereka”.

Saat diwawancara oleh tim Seputar Bandung Raya, Nike menjelaskan “kurang lebih sudah dua tahun MoPi ini beroperasi. MoPi sendiri tercatat sudah berkeliling ke berbagai kalangan baik ke sekolah PAUD, SD, pondok pesantren, maupun ke lokasi bencana untuk menghibur sekaligus menambah wawasan kepada para korban”.

Ternyata tidak hanya di wilayah Kota Bandung saja, tetapi MoPi pernah beroperasi ke luar wilayah Kota Bandung seperti Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kab. Sumedang. Kabupaten Bandung Barat, hingga ke Pandeglang, Banten saat mengunjungi korban yang terkena dampak tsunami.
Nike juga menambahkan bahwa dengan adanya perpustakaan keliling akan menggugah minat masyarakat terhadap literasi.

“Dengan adanya Program Literasi melalui Mobil Pintar ini diharapkan menjadi salah satu terobosan untuk menarik minat masyarakat untuk meningkatkan kemampuan literasinya”, jelas Nike. (Fika)