Inilah Syarat-Syarat Mengikuti UTBK 2019

share to whatsapp




Cara daftar UTBK 2019
Per tahun 2019, persyaratan mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN) 2019 adalah wajib mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK). Mulai 1 Maret 2019 pendaftaran UTBK untuk SBMPTN 2019 dibuka pukul 10.00 WIB. Pendaftaran gelombang pertama ini akan ditutup pada 24 Maret 2019.  Sedangkan gelombang kedua akan berlangsung 25 Maret 2019 sampai dengan 1 April 2019.

Dilansir dari laman resmi LTMPT, berikut beberapa hal yang perlu disiapkan saat melakukan pendaftaran UTBK:

1. NISN dan NPSN
Calon peserta dapat melakukan pendaftaran melalui laman https://pendaftaran- utbk.sbmptn.ac.id dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) untuk mendapatkan username dan password.

2. Pas foto warna terbaru
Pendaftar akan diminta mengunggah pas foto berwarna terbaru, mengisi data, memilih jenis dan sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK. Tidak disebutkan ketentuan khusus mengenai warna latar foto dan ketentuan khusus terkait pas foto ini.

3. Uang pendaftaran Rp 200.000
Setelah mendaftar, peserta akan diminta untuk melakukan pembayaran melalui bank yang ditunjuk menggunakan slip pembayaran kecuali bagi pendaftar Bidikmisi.   Biaya pendaftaran UTBK 2019 telah ditetapkan sebesar Rp 200.000 yang tidak mengalami kenaikan bila dibandingkan tahun lalu. Pembayaran harus dilakukan paling lambat 1 x 24 jam.

4. Pencetak lembar kartu
Setelah melakukan pendaftaran calon peserta dapat melakukan login kembali ke laman pendaftaran di https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id untuk mencetak kartu peserta UTBK.  UTBK tahun ini dapat diikuti siswa lulusan tahun 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah atas (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun yang sama.

Tahun ini, pelaksanaan tes UTBK oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dapat dilakukan lebih dari 1 (satu) kali. Peserta mengikuti maksimal 2 (dua) kali tes, dan hasil tes diberikan secara individu 10 (sepuluh) hari setelah pelaksanaan tes. UTBK menggunakan soal-soal ujian yang dirancang sesuai kaidah akademik untuk memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi.


share to whatsapp