Forum Pelajar Sadar Hukum Kabupaten Bandung Dikukuhkan

share to whatsapp




Pelajar Sadar Hukum Kabupaten Bandung

Pemkab Bandung menggelar Deklarasi Hukum dan HAM serta pengukuhan Forum Pelajar Sadar Hukum dan Duta Hukum HAM di Dome Bale Rame Sabilulungan Soreang Kabupaten Bandung, Rabu, 27 Maret 2019. Selain itu dilakukan pula Launching Program Android Jaringan Dokumentasi Informasi Hukum (JDIH) oleh Bupati Bandung H. Dadang M. Naser SH. S.Ip M.Ip, yang dihadiri para pelajar SMA/SMK di Kabupaten Bandung dan Perangkat Daerah Pemkab Bandung.

Pemilihan Duta Hukum dan HAM di kalangan pelajar
Dalam kesempatan itu berlangsung pula pemilihan Duta Hukum dan HAM di kalangan pelajar.
Bupati menjelaskan, pelajar Kabupaten Bandung saat ini sudah mempersiapkan diri dengan membentuk Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Duta Hukum dan HAM agar terus bersama teman- temannya memberikan pemahaman, terkait tidak adanya bully, harus saling menghargai, menghormati, dan harus saling asah, asih, asuh, Menurutnya, dengan cara seperti ini hukum di Kabupaten Bandung bisa tegak.

Duta Hukum dan HAM ini bertugas untuk memberikan pemahaman, sehingga masyarakat sadar akan syariah dan hukum yang harus dijalankan. Bagaimana hubungan dengan alam, lingkungan, bagaimana hak dan kewajiban warga negara.

Launching Program Android JDIH
Dalam acara tersebut, sekaligus dilaksanakan Launching Program Android JDIH, sebuah aplikasi yang memberikan informasi hukum di Kabupaten Bandung. JDIH merupakan suatu Sistem Pendayagunaan Peraturan Perundang- undangan dan bahan dokumentasi hukum, secara tertib, terpadu, dan berkesinambungan, sebagai sarana pemberian pelayanan informasi hukum yang lengkap, akurat, mudah, dan cepat

Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia RI memberikan penghargaan kepada Bagian Hukum dan HAM Sekretariat Daerah Kabupaten Bandung, sebagai Anggota Jaringan Dokumentasi Informasi Hukum yang telah terintegrasi dengan sistem JDIH Nasional (JDIHN).

Usai pengukuhan, para pelajar yang menjadi anggota Forum Pelajar Sadar Hukum tersebut mendapat pembinaan dari Kementerian Hukum dan HAM, Polda Jabar, Kejaksaan Tinggi Jabar, Kementerian Agama Wilayah Jabar, Badan Narkotika Nasional, Kementerian Pertahanan dan Dinas Pendidikan Provinsi Jabar, di Gedong Sabilulungan, Soreang. (Diskominfo Kab. Bandung)