Informasi

Iis Nurita, Optimalkan SMA Terbuka untuk Pendidikan Lebih Merata




Iis Nurita Kepsek SMK-SMA Puspa Mekar Bogor

Di zaman milenial ini dunia pendidikan semakin berkembang, adanya SMA terbuka (Smater) atau Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) yang sedang digencar-gencarkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat menjadi nilai plus bagi dunia pendidikan.

Smater ini mempermudah para siswa siswi untuk melanjutkan tingkat pendidikan menengah keatas yang biasanya mereka kurang memiliki waktu, ekonomi bahkan jarak sekolah dengan rumah yang kurang strategis.

Smater (bagi SMA) dan PJJ (bagi SMK) ini merupakan bagian dari Sekolah Jabar Juara, dimana Sekolah Jabar Juara ini memiliki tiga keunggulan yaitu, berkarakter, berwirausaha dan berprestasi. Berkarakter disini dimaksudkan bahwa siswa siswi Smater/PJJ ini memiliki ciri khas dari setiap individu, atau bahkan dapat menanamkan pendidikan karakter pada dirinya sendiri.

Selain itu berwirausaha, selain siswa diharuskan untuk menuntut ilmu pada bidang akademik, siswa siswi juga dapat menambah nilai perekonomiannya dengan mengembangkan potensi yang dimilikinya sehingga dapat berwirausaha dari hasil karyanya sendiri. Dan yang terakhir yaitu berprestasi, karena prestasi juga sangatlah penting agar dapat menunjang potensi yang dimiliki siswa siswi Smater/PJJ.

Inilah bentuk pendidikan yang terus dioptimalkan oleh sesosok Iis Nurita, Kepala Sekolah SMK dan SMA Puspa Mekar Bogor. Beliau mendirikan Smater dengan tujuan untuk membantu mencerdaskan anak bangsa.

"Membantu anak-anak yang putus sekolah merupakan amal ibadah yang sangat mulia, walaupun mereka bersekolah tetapi mereka tetap mendapatkan penghasilan," kata Iis.

Dengan kegigihan dan kerja keras wanita kelahiran Tasikmalaya, 11 Maret 1968 ini, Smater yang didirikannya telah mendapatkan beberapa prestasi yang diantaranya yaitu: Juara III terbaik Pramuka Se-Jawa Barat, Juara I Futsal Se- Jabodetabek, Juara II Cerdas Cermat tingkat Kab. yang diselenggarakan oleh KNPI, Juara II MTQ tingkat Kecamatan, Juara I PBB se-Jabodetabek, Siswa sekolah terbuka/Smater dari karyawan DUDI.

Perjuangan Iis Nurita ini tentunya didukung dengan kemitraan yang sangat mendukung, yaitu dengan APINDO JABAR, PT Wacoal Indonesia, PT Ricky, Seamolec dan beberapa perusahaan ternama yang ada di bogor karena zonasi yang dekat dengan SMA SMK Puspa Mekar sebagai sekolah induk dari SMA Terbuka dan SMK PJJ.


share to whatsapp