Informasi

Jadwal Tahapan Seleksi Kepala Sekolah Profesional di Kota Bandung




Jadwal Seleksi si Kasep Disdik Kota Bandung

Si KASEP, Sistem Seleksi Kepala Sekolah Profesional merupakam inovasi Dinas Pendidikan Kota Bandung yang bertujuan menyelenggarakan seleksi yang profesional, akuntabel, sinergi, transparan dalam upaya memperoleh Kepala sekolah yang profesional.

"Aplikasi Si KASEP dibuat untuk memudahkan pelayanan serta menyesuaikan dengan tantangan jaman. Dan merupakan suatu upaya agar kepala sekolah profesional," tutur Kadisdik dalam arahanya di hadapan peserta si KASEP di SMPN 48 Bandung (14/11/2018).

Masih dalam arahannya Kadisdik mengatakan bahwa Kepala sekolah harus terus semangat dalam belajar karena kepala sekolah yang baik adalah seorang pembelajar yang senantiasa terus belajar.

Terdata ada 520 orang yang mendaftarakan diri melalui aplikasi Si KASEP. Terdiri dari peserta TK= 17 orang, peserta SD = 281 orang dan peserta SMP = 222 orang. Pada tahap 1 seleksi administrasi yang lolos berjumlah 518 orang.

Mereka yang lolos berhak mengikuti seleksi tahap 2 yaitu psikotes. Sebelum masuk pada tahap akhir yaitu Pendidikan Pelatihan Kepala Sekolah oleh Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Kemendikbud. Para calon kepala sekolah harus melalui beberapa tahapan, dengan jadwal sebagai berikut:

Tahap 1 Pendaftaran (22 Oktober – 2 November)
Tahap 2 Seleksi Administrasi (5-9 November)
Tahap 3 Seleksi Psikotes (14 November)
Tahap 4 Seleksi Akademik (21 November)
Tahap 5 Seleksi Assesment Kompetesi (26-28 November)
Tahap 6 Seleksi Substansi oleh LPKKS (Tahun 2019)

Kegiatan di SMPN 48 Bandung, pada Rabu kemarin, (14/11/2018) adalah pelaksanaan seleksi kepala sekolah tahap dua, psikotest. Peserta pada tahap ini harus melalui dua seleksi, pertama psikotes tertulis dan kedua wawancara. Kepala Bidang P3TK Cucu Saputra yang hadir di tempat tersebut mengatakan bahwa para peserta akan berhadapan dengan 3 kelompok tim penguji, diantaranya:
1. Kelompok panitia dari SMPN 48
2. Kelompok panitia dari P3TK Disdik dan Umpeg
3. Kelompok pengawas dari tim psikologi.
(Humas Disdik Kota Bandung)


share to whatsapp