Informasi

Kabupaten Bintan Belajar Pengembangan PAUD ke Kota Bandung




Kunjungan Pemkab Bintan ke Kota Bandung

Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan PAUD dan Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan Abdul Gaos didampingi Kepala Seksi Pendidikan Anak usia Dini Ahmad Asikin menerima kunjungan kerja dari Kabupaten Bintan Kepulauan Riau dalam acara “Visitasi Penguatan Kelembagaan PAUD Kabupaten Bintan di lembaga PAUD Percontohan Kota Bandung”. Acara berlangsung di PAUD Salman Alfarizi dilanjutkan ke PAUD Bunda Ganesha (18/07/2018)

Rombongan pertama kali diterima oleh tim Yayasan Salman Alfarizi beserta para pengajar dan staf. Salah satu perwakilan Yayasan Salman Alfarizi Ifan Fahrudin dalam sambutannya mengucapkan seamat datang dan permintaan maaf yang sebesar besarnya atas penerimaan yang kurang memuaskan. Tak lupa dalam kesempatan tersebut Ifan memaparkan tentang profil serta keunggulan dari PAUD Salman Alfarizi itu sendiri.

“Salman Alfarizi sudah berdiri sejak 29 tahun yang lalu. Didirikan 12 Agustus. Sekolah yang berdiri dengan konsep full day School,” tutur Ifan.

Sharing Ilmu
Eviana Wakil Ketua forum PAUD Kabupaten Bintan dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan mereka datang ke Kota Bandung adalah untuk sharing ilmu, bagaimana cara mengelola sekolah yang bagus.

“Semoga dengan adanya studi banding ke sekolah yang ditunjuk ini dapat memberi kiat kiat khusus untuk kemudian dapat ditularkan di Kabupaten Bintan. Meski jarak tiap kecamatan di Kabupaten kami sangat berjauhan tapi tidak mengurangi semangat khususnya para guru PAUD dalam mengajar dan berkreasi demi memotivasi anak didik,” tutur Eviana.

Sementara Abdul Gaos menyebutkan tentang 4 unggulan Disdik Kota Bandung. Diantaranya: 1 Bandung Kota Inklusi 2. Gerakan literasi. 3. Sekolah SMART (Smart School) 4. Bandung Masagi.

Acara dilanjutkan dengan kunjungan kerja ke PAUD Bunda Ganesha. Ada beberapa program unggulan di PAUD Ganesha itu sendiri, diantaranya: Taman Penitipan Anak dimulai tahun 2000, Kelompok Bermain dimulai tahun 2001, Taman Kanak-kanak dimulai tahun 2005, didirikan dan dikelola oleh isteri-isteri dosen ITB.

Yang melatarbelakangi pendirian Yayasan Bunda Ganesha adalah Kepedulian pada Pendidikan Anak Usia Dini yang merupakan salah satu faktor penentu bagi keberhasilan anak dalam menempuh pendidikan selanjutnya dan turut menentukan keberhasilan mereka menghadapi masa depan kelak. *** (Niradea –Disdik Bandung)


share to whatsapp