Informasi

Mudik 2018: Jalur Alternatif Via GT Gedebage - Sapan - Cijapati




Jalur alternatif Mudik 2018 Bandung - Garut

Jalur Tol Padaleunyi - GT Cileunyi - Rancaekek - Cicalengka - Nagreg - Garut / Tasik biasa jadi jalur favorit setiap tahunnya bagi yang akan mudik ke jalur timur. Dalam menghadapi arus mudik Lebaran tahun ini, persiapan sudah dimulai sejak awal Januari 2018. Selain jalur alternatif, beberapa posko pun sudah disiapkan di jalur ini.

Untuk jalur alternatif Mudik Lebaran 2018 via jalur selatan, bila arus lalu lintas di jalur biasa sudah padat lebih dari 5 km KM 151 gate Gedebage , kendaraan dialihkan untuk keluar Gedebage lalu diarahkan ke jalur Sapan - Majalaya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi uraian kendaraan menuju gate tol Cileunyi. Adapun jalur Cukang Monteng- Kamojang tidak menjadi prioritas pihak terkait. Yang jadi jalur prioritas yaitu jalur Cileunyi-Nagreg dan alternatif ke Cijapati.

Jalur alternatif mudik via Cijapati
Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan bersama Kadis PUPR Agus Nuria dan Kadishub sudah melakukan pengecekan jalur mudik alternatif melalui Cijapati pada Rabu (23/5/18). Jalur Cijapati sendiri dinilai sudah bagus dan penerangan jalan umum (PJU) sudah siap.

Waspada mudik lewat jalur Cukang Monteng - Kamojang
Namun khusus jalur Cukang Monteng, meski kondisinya sudah memadai untuk arus mudik, namun pemudik tetap dituntut waspada karena kontur jalannya yang kerap mengundang kecelakaan, terutama para pengguna kendaraan matic. Kasus kecelakaan di jalur ini kebanyakan dialami oleh pengemudi kendaraan matic karena kurangnya kesadaran para pengendara untuk melihat rambu-rambu.

Pihak Polsek Ibun dan Dishub Kota Bandung sudah menyiapkan dua kantung parkir untuk pemudik mendinginkan rem kendaraan. Dari beberapa kasus kecelakaan yang terjadi, lewat jalur ini pengemudi biasa banyak memanteng menekan rem kendaraan matic sehingga jadi blong. Para pengemudi yang menggunakan kendaraan matic diminta tidak memaksakan diri berkendara hingga jembatan. Karena setelah jembatan ada turunan yang curam.

Posko keamanan dan keselamatan
Dishub Kabupaten Bandung sendiri sudah menyiapkan 11 posko pengamanan dan 1 posko keselamatan yang berfungsi membatu kepolisian dalam mengatur lalu lintas,  mengurai kemacetan, dan layanan bagi pemudik. Selain itu, ada juga 5 posko khusus untuk menghitung jumlah kendaraan yang masuk dan keluar dari Kabupaten Bandung. 5 posko ini ada di Cibeusi, Cijapati, Ibun Monteng, Nagreg, dan Pamucatan.